5 Alasan Memilih Kotak Kertas Pengemasan Makanan untuk Bisnis Anda

Gpack Global Mandiri – Apakah perusahaan Anda sudah mengikuti pelatihan keberlanjutan dengan kemasan makanan berbahan karton? Jika belum, sekaranglah saatnya untuk mempertimbangkannya sebagai alternatif pengganti plastik. Meskipun kemasan tradisional terlalu berbahaya bagi lingkungan mulai dari pemrosesan dan produksi hingga transportasi dan pembuangan, tidak demikian halnya dengan karton ramah lingkungan.

Kotak kertas pengemasan makanan mungkin merupakan pengganti plastik terbaik dalam industri makanan. Temukan 5 alasan utama hal ini dalam materi kami.

Karton vs Plastik

Sebelum kami mencoba meyakinkan Anda untuk beralih ke kemasan makanan berbahan karton, mari kita bandingkan kedua bahan tersebut dan gali lebih dalam karakteristiknya.

Kemasan makanan plastik

Proses pembuatan, penanganan, pengangkutan, dan pembuangan kemasan plastik dikaitkan dengan banyaknya emisi berbahaya, konsumsi air dan energi yang berlebihan, polusi berlebihan, dan membahayakan satwa liar. Dalam beberapa kondisi, seperti suhu tinggi, kemasan dapat melepaskan mikroplastik yang mengkontaminasi produk yang dapat dimakan sehingga tidak aman untuk dikonsumsi.

Material ini terbuat dari sumber daya tak terbarukan dan membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai. Selain itu, jangan lupa ada berbagai jenis plastik dalam kemasan tradisional. Dan tidak semuanya dapat didaur ulang. Sisi positifnya, dalam beberapa kasus, jenis plastik kokoh dapat digunakan kembali. Kelebihan lainnya adalah anti bocor dan sangat kuat, sehingga perlindungan produk tepat sasaran.

Kemasan makanan dari karton

Di sisi lain, karton terbuat dari sumber daya terbarukan. Hal ini membuatnya mudah didaur ulang, dapat dibuat kompos, dan dapat terurai secara hayati, serta benar-benar aman untuk dibuang. Berkat kekokohannya, konsumen juga dapat menggunakan kembali atau menggunakan kembali kotak karton atau bahan pengisi tersebut setelah mereka membongkar barang Anda. Ditambah lagi, produksi material menggunakan lebih sedikit air dan listrik dibandingkan dengan plastik.

Kemasan makanan karton ringan, mengurangi biaya transportasi dan secara signifikan menurunkan jejak perusahaan Anda. Ini serbaguna dan kuat, mudah disesuaikan, dan hemat biaya. Pelajari lebih lanjut keunggulan kotak kertas pengemasan makanan pada segmen artikel berikut ini.

5 Alasan Utama Memilih Kotak Kertas Pengemasan Makanan

Perlindungan

Struktur alurnya memungkinkan karton bergelombang mempertahankan bentuknya, serta menahan potensi robek dan hancur yang dapat membahayakan kondisi produk. Sebaliknya, bahan tersebut menjadi bantalan dan pelindungnya.

Berkat struktur tersebut, kekuatan, daya tahan, dan kokoh adalah beberapa kualitas terbaik dari kemasan makanan karton. Karakteristik ini menjamin perlindungan tinggi dari kerusakan fisik selama penanganan, transportasi, dan penyimpanan produk. Kualitas karton hebat lainnya adalah tahan air, yang membatasi risiko pertumbuhan bakteri dan menjaga makanan Anda tetap segar lebih lama.

Baca Juga: Mengapa Anda Harus Memilih Wadah Makanan Plastik?

Keserbagunaan

Karton sangat fleksibel. Sebagai sebuah bisnis, Anda dapat menyimpannya secara mendatar untuk menghemat ruang penyimpanan, dan jika waktunya tiba, gunakan untuk mengemas makanan Anda. Ada juga faktor keserbagunaan fungsional. Berikut adalah daftar beberapa kegunaan terbaik dari kotak makanan kardus:

  • Kemasan pelindung yang kuat untuk pengangkutan produk
  • Tampilan kemasan untuk promosi dan etalase
  • Pengemasan siap pakai, dari gudang hingga toko
  • Kemasan eCommerce untuk pengiriman pesanan online
  • Kotak take home untuk pedagang kaki lima

Dalam hal kemasan makanan karton, Anda dapat dengan mudah mengubah ukuran dan menyesuaikan kotak Anda untuk mencapai tujuan yang paling selaras dengan model bisnis Anda.

Kustomisasi

Berbicara tentang kustomisasi kemasan makanan, mari kita gali lebih dalam subjeknya. Mengurus kebutuhan pengemasan khusus menjadi lebih mudah ketika bekerja dengan karton. Bagaimanapun, karton adalah jenis kertas berlapis tebal. Itu membuat bahannya mudah untuk disesuaikan dan dicetak. Jadi Anda dapat yakin bahwa branding dan desain perusahaan Anda akan selalu terlihat terbaik. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan ukuran dan bentuk kotak makanan agar sesuai dengan produk Anda.

Efektivitas biaya

Peralihan kemasan makanan dari plastik ke karton terbukti sangat hemat biaya. Terutama dalam hal distribusi, pengiriman, dan logistik. Pertama, pemasok pengemasan Anda harus mengirimkan kemasan custom ke perusahaan Anda. Kemudian, meskipun merek Anda tidak mengirimkan produk langsung ke konsumen, barang tetap harus dikirim dari gudang Anda ke toko retail.

Seperti yang Anda lihat, ada banyak transportasi yang terlibat dalam proses tersebut. Namun, karena bahan kertas sangat ringan, serbaguna, dan memperhatikan ukuran, kemasan makanan dari karton sangat mengurangi biaya transit Anda.

Pilihan berkelanjutan

Kemasan makanan dari karton adalah solusi yang bagus jika perusahaan mengadopsi model bisnis berkelanjutan. Selain itu, jika mereka benar-benar berupaya menyelamatkan lingkungan dengan menurunkan emisi karbon, dan menghentikan polusi serta sampah plastik.

Kotak semacam ini mudah disimpan, didaur ulang, dan digunakan kembali. Bahan-bahan tersebut juga dapat didaur ulang sepenuhnya. Namun meskipun bahan tersebut berakhir di tempat pembuangan sampah atau di alam liar, bahan tersebut tidak menimbulkan ancaman bagi satwa liar, juga tidak menyebabkan polusi jangka panjang karena bahan tersebut dapat terurai secara hayati dan tidak meninggalkan jejak racun setelah terurai.

Dengan berbagai alasan di atas, Anda yang berkecimpung di dunia industri bisnis apapun harus selalu memikirkan detail kecil yang berhubungan langsung dengan produk Anda. Dan kemasan produk adalah senjata utama Anda dalam memasarkan produk Anda. PT Gpack Global Mandiri menyediakan berbagai jenis kemasan produk untuk bisnis Anda, kami jual kemasan produk sejak tahun 2018 lalu. Kami menawarkan kemasan yang andal, serta berbagai produk berkualitas dari plastik, kertas, karton, hingga aluminium foil.

Kami memberikan banyak pilihan yang tidak hanya memiliki fungsi optimal tetapi juga memperhatikan estetika dari kemasan tersebut. Karena kami yakin bahwa setiap bisnis itu memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri. Tujuan kami di PT Gpack Global Mandiri yang jual kemasan produk adalah memberikan solusi kemasan yang dapat melampaui harapan Anda. Dengan tim yang berdedikasi dan berpengalaman, kami siap untuk memberikan saran yang berharga serta solusi kreatif.

Hubungi kami untuk menjelajahi berbagai pilihan kemasan kami. Kami berkomitmen untuk merespons dengan cepat dan efisien, memastikan bahwa setiap pertanyaan atau kebutuhan Anda ditangani dengan tepat dan profesional.

Comments are disabled.