5 Alasan Mengapa Kemasan Produk itu Penting

Jual Kemasan Produk – Kemasan produk, baik itu kemasan makanan, kemasan minuman, kemasan frozen food, maupun kemasan barang jualan apapun, mempunyai tujuan mengapa ia ada dan diciptakan. Luangkan waktu sejenak untuk mengingat barang terakhir yang Anda beli. Apakah itu sesuatu untuk dimakan, diminum, atau dipakai?

Sekarang setelah Anda memikirkan barang tersebut, dapatkah Anda mengetahui kesan apa yang diberikan oleh kemasannya kepada Anda? Gambaran apa yang pertama kali terlintas di benak Anda? Apakah Anda memikirkan keamanan, desain, atau tampilannya? Atau mungkin peran sementaranya sebagai pelindung isinya? Selanjutnya, kami ingin memberitahukan lima alasan terpenting mengapa kemasan produk itu penting.

1. Perlindungan

Tujuan utama pengemasan adalah untuk melindungi isinya dari segala kerusakan yang mungkin terjadi selama pengangkutan, penanganan, dan penyimpanan. Pengemasan menjaga produk tetap utuh di seluruh rantai logistiknya mulai dari produsen hingga pengguna akhir. Ini melindungi produk dari kelembaban, cahaya, panas dan faktor eksternal lainnya. Ini adalah tujuan terpenting dari pengemasan dengan kemasan produk.

Oleh karena itu, bukan hal yang aneh jika produk tersebut memiliki kemasan yang jauh lebih banyak daripada produk sebenarnya. Apalagi saat memesan barang dari toko online. Jumlah sampah kemasan yang ditinggalkan produk bisa sangat besar. Secara keseluruhan, tujuan kemasan adalah untuk melindungi, namun ada perbedaan antara kemasan yang cerdas dan dirancang dengan baik dan kemasan yang tidak memiliki desain yang sesuai dengan tujuan.

2. Keamanan

Yang terpenting, kemasan mempunyai peranan penting dalam menjaga isi dan keamanan konsumen. Kemasan produk harus memuat informasi penting tentang produk dan keamanannya. Misalnya untuk produk makanan tanggal pengepakan, tanggal best before dan daftar bahan harus terlihat jelas pada kemasannya.

Bahan kimia, bau, atau rasa berbahaya tidak boleh berpindah dari bahan kemasan produk ke makanan, baik makanan tersebut diproduksi dari bahan murni atau bahan daur ulang. Apalagi harus jelas dari kemasannya apakah mengandung zat beracun. Semua informasi ini menambah keamanan produk bagi konsumen. Terlalu banyak informasi selalu lebih baik daripada tidak ada informasi sama sekali.

3. Daya Tarik

Kemasan produk merupakan bagian penting dari merek produk dan pemasaran atau branding. Kemasan yang unik dapat meningkatkan daya tarik produk sehingga berdampak pada kemauan konsumen untuk membeli produk tersebut. Kemasan produk sama pentingnya dengan produk itu sendiri. Tujuannya adalah untuk menonjol dari rak atau katalog Anda, meningkatkan penjualan, memberikan informasi yang relevan mengenai produk dan meningkatkan minat pembelian.

Dua pertiga orang mengatakan bahwa kemasan produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian mereka. Sebuah kemasan juga dapat menceritakan keseluruhan cerita tentang bisnis di balik produk tersebut dan dampak produk terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi. Ini adalah alat untuk mengkomunikasikan nilai-nilai perusahaan dan manfaat besar yang diberikan produk kepada konsumen.

4. Kegunaan

Konsumen mencari kemasan yang sesuai dengan tujuannya. Mereka menuntut kemasan yang fungsional dan “penyelamat hidup” yang sangat ramah pengguna. Kegunaan kemasan produk hanya dinilai oleh konsumen saja. Kemasan yang mudah dibuka dan ditutup, mudah dilipat dan disortir setelah digunakan, serta dapat digunakan kembali atau didaur ulang akan memenuhi sebagian kebutuhan konsumen.

Selain itu, desain kemasan produk yang optimal meningkatkan kegunaan. Tren kegunaan kemasan saat ini terlihat berubah arah dari budaya sekali pakai kembali ke pembelian produk dalam jumlah besar, dalam kemasan yang dapat digunakan kembali, dan dalam wadah sendiri seperti sebelum tahun 1960an.

Konsumen yang sadar lingkungan sudah membawa tas dan wadah kosongnya sendiri untuk berbelanja. Oleh karena itu, satu tantangan besar masih ada dalam kegunaan kemasan produk. Berapa kali kemasan dapat didaur ulang dan apakah dibuat sesederhana yang dibutuhkan konsumen?

5. Keberlanjutan

Semakin banyak konsumen yang memperhatikan jejak karbon, kegunaan kembali, dan kemampuan daur ulang bahan kemasan produk sebelum membuat keputusan pembelian. Faktanya, semakin besar persepsi terhadap kemasan ramah lingkungan, semakin besar dampak positifnya terhadap angka penjualan.

Desain kemasan produk memiliki peran penting dalam menentukan betapa mudahnya memisahkan bahan satu sama lain dan seberapa mudah kemasan tersebut digunakan kembali dan didaur ulang. Menghasilkan lebih banyak dengan lebih sedikit modal tidak hanya menghemat sumber daya tetapi juga menyisakan lebih sedikit bahan untuk ditangani konsumen dengan baik.

Dengan berbagai alasan di atas, Anda yang berkecimpung di dunia industri bisnis apapun harus selalu memikirkan detail kecil yang berhubungan langsung dengan produk Anda. Dan kemasan produk adalah senjata utama Anda dalam memasarkan produk Anda. PT Gpack Global Mandiri menyediakan berbagai jenis kemasan produk untuk bisnis Anda, kami jual kemasan produk sejak tahun 2018 lalu. Kami menawarkan kemasan yang andal, serta berbagai produk berkualitas dari plastik, kertas, karton, hingga aluminium foil.

Kami memberikan banyak pilihan yang tidak hanya memiliki fungsi optimal tetapi juga memperhatikan estetika dari kemasan tersebut. Karena kami yakin bahwa setiap bisnis itu memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri. Tujuan kami di PT Gpack Global Mandiri yang jual kemasan produk adalah memberikan solusi kemasan yang dapat melampaui harapan Anda. Dengan tim yang berdedikasi dan berpengalaman, kami siap untuk memberikan saran yang berharga serta solusi kreatif.

Hubungi kami untuk menjelajahi berbagai pilihan kemasan kami. Kami berkomitmen untuk merespons dengan cepat dan efisien, memastikan bahwa setiap pertanyaan atau kebutuhan Anda ditangani dengan tepat dan profesional.

Comments are disabled.