Apa Bedanya Gelas PP dan Gelas PC yang Berbahan Plastik?

Gpack Global Mandiri – Akhir-akhir ini banyak orang yang bertanya kepada kami bagaimana cara membedakan gelas plastik PP dengan gelas plastik PC dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebagai pabrik wadah plastik, Gpack Global Mandiri tentu memberi Anda pengetahuan berikut.

Mana yang Lebih Cocok untuk Wadah Makanan, PP atau PC?

  1. Gelas plastik yang terbuat dari PC memiliki transmisi cahaya yang baik, lebih ringan dari kaca, dan harganya lebih murah. Gelas plastik berbahan PC mampu menahan suhu -30 hingga 140℃, namun bahan ini tidak akan retak atau meleleh jika digunakan pada suhu tersebut.
  2. Gelas plastik berbahan PP cukup ringan dan tidak mudah pecah; Ketahanan panas yang baik, tidak ada kecurigaan terhadap zat beracun, stabilitas dan keamanan; Satu-satunya kelemahan adalah transmisi cahaya yang sedikit buruk.
  3. Kekerasan plastik PC lebih tinggi dibandingkan plastik PP pada umumnya, bahan baku PP bening dan berwarna putih susu, serta bahan baku PC transparan. PP, juga dikenal sebagai perekat seratus persen, memiliki ketangguhan yang lebih baik, sedangkan PC, juga dikenal sebagai perekat antipeluru, memiliki ketangguhan, kekerasan, dan kekuatan benturan yang jauh lebih tinggi.
  4. PP adalah plastik biasa, massa jenis PP kurang dari 1,0cm/g, dan PP mengapung di atas air; PC adalah plastik rekayasa, kepadatannya lebih besar dari 1,0cm/g, dan PC terendam.
  5. Gelas plastik PC akan menghasilkan karsinogen seperti bisphenol-a setelah dipanaskan berulang kali, sedangkan PP tidak.

Bisakah Gelas Minuman PP Menampung Air Mendidih?

Gelas PP tidak beracun dan tidak berasa, suhu tertingginya 167 derajat, artinya tidak ada masalah dalam mengisi air mendidih. Suhu air mendidih sekitar 100 derajat. Gelas plastik PP dapat menampung air mendidih sepenuhnya dan tidak menghasilkan zat berbahaya.

Polipropilena adalah polimer yang dibentuk dengan polimerisasi adisi propilena. Bahan lilin berwarna putih, transparan dan tampak ringan. Kepadatannya 0,89~0,91g/cm3, mudah terbakar, titik lelehnya 165℃, melunak sekitar 155℃, dan kisaran suhu layanannya -30~140℃. Ini dapat menahan korosi asam, alkali, larutan garam dan berbagai pelarut organik di bawah 80℃, dan dapat terurai di bawah pengaruh suhu tinggi dan oksidasi.

Baca Juga: Pengertian Gelas Plastik PET: Kelebihan dan Kegunaannya

Polypropylene banyak digunakan dalam produksi pakaian, selimut dan produk serat lainnya, peralatan medis, mobil, sepeda, suku cadang, saluran pipa, wadah bahan kimia, dll. Juga digunakan dalam kemasan makanan dan obat-obatan.

Dengan berbagai alasan di atas, Anda yang berkecimpung di dunia industri bisnis apapun harus selalu memikirkan detail kecil yang berhubungan langsung dengan produk Anda. Dan kemasan produk adalah senjata utama Anda dalam memasarkan produk Anda. PT Gpack Global Mandiri menyediakan berbagai jenis kemasan produk untuk bisnis Anda, kami jual kemasan produk sejak tahun 2018 lalu. Kami menawarkan kemasan yang andal, serta berbagai produk berkualitas dari plastik, kertas, karton, hingga aluminium foil.

Kami memberikan banyak pilihan yang tidak hanya memiliki fungsi optimal tetapi juga memperhatikan estetika dari kemasan tersebut. Karena kami yakin bahwa setiap bisnis itu memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri. Tujuan kami di PT Gpack Global Mandiri yang jual kemasan produk adalah memberikan solusi kemasan yang dapat melampaui harapan Anda. Dengan tim yang berdedikasi dan berpengalaman, kami siap untuk memberikan saran yang berharga serta solusi kreatif.

Hubungi kami untuk menjelajahi berbagai pilihan kemasan kami. Kami berkomitmen untuk merespons dengan cepat dan efisien, memastikan bahwa setiap pertanyaan atau kebutuhan Anda ditangani dengan tepat dan profesional.

Comments are disabled.