Bagaimana Pengemasan dengan Kemasan Vakum Mengawetkan Makanan?

Gpack Global Mandiri – Pengemasan vakum adalah proses yang digunakan dalam industri makanan dan di rumah untuk mengawetkan jenis makanan dan minuman tertentu. Sistem pengemasan vakum menjalankan keseluruhan mulai dari mesin sederhana yang dioperasikan secara manual yang dapat diletakkan di meja dapur hingga perangkat thermoforming otomatis berkecepatan tinggi yang terintegrasi ke dalam jalur pemrosesan makanan bervolume tinggi.

Terlepas dari ukuran dan kecanggihan sistemnya, pengemasan vakum biasanya memerlukan kantong untuk menampung makanan, bersama dengan mesin khusus, atau menyedot, udara dari kantong sebelum disegel.

Manfaat Pengemasan Vakum

Pengemasan vakum memaksimalkan pengalaman menyantap makanan, serta menjaga nilai gizinya. Begini caranya:

Mencegah pembusukan. Mengeluarkan oksigen dari kantong sebelum menyegelnya akan membatasi pertumbuhan bakteri dan jamur yang menyebabkan makanan rusak. Begitulah cara pengemasan vakum memperpanjang umur simpan makanan tertentu dan membantu menjaga rasa dan nilai gizi produk.

Melindungi dari freezer burn. Tanpa oksigen, kelembapan tidak akan terbentuk di dalam kantong, itulah sebabnya pengemasan vakum menghambat freezer burn. Ini merupakan manfaat penting untuk makanan yang disimpan di dalam freezer untuk waktu yang lama.

Mempertahankan kelembapan. Meskipun pengemasan vakum mencegah terbentuknya kelembapan di dalam kantong, jus dan cairan lain di dalam makanan tetap terjaga. Pengemasan vakum adalah pilihan terbaik untuk makanan yang diasinkan, jus, buah-buahan, dan produk lain yang rentan terhadap dehidrasi.

Warna, rasa, tekstur tetapi tidak berbau. Pengemasan vakum memungkinkan makanan mempertahankan warna, tekstur, dan rasanya, yang merupakan aspek penting dalam menikmati pengalaman bersantap. Dengan menghambat pembusukan, pengemasan vakum juga mencegah bau tidak sedap mempengaruhi makanan.

Memperpanjang waktu penyimpanan. Makanan yang dikemas secara vakum akan bertahan sekitar tiga hingga lima kali lebih lama dibandingkan makanan yang disimpan dalam kantong plastik standar atau wadah plastik biasa.

Baca Juga: Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Bahan Kemasan Makanan

Makanan Umum yang Dikemas Vakum

Banyak jenis makanan yang merupakan kandidat terbaik untuk pengemasan vakum, termasuk makanan yang disimpan pada suhu kamar bersama dengan makanan yang didinginkan dan dibekukan. Makanan kemasan vakum yang populer meliputi:

  • Permen
  • Keju
  • Cokelat
  • Daging segar
  • Buah-buahan
  • Biji-bijian
  • Rempah
  • Daging olahan
  • Makanan laut
  • Sayuran

Pengemasan Vakum Harus Dilakukan dengan Benar

Penting untuk diperhatikan bahwa pengemasan vakum, meskipun bermanfaat dalam banyak kasus, bukanlah pengganti makanan kemasan pengalengan. Selain itu, beberapa bakteri berbahaya dapat tumbuh tanpa udara, dan hal ini mungkin sulit dideteksi hanya dengan melihat makanannya. Untuk mengurangi potensi masalah kualitas makanan, pastikan Anda mengetahui cara mengemas makanan dengan vakum dengan aman:

  • Jaga kebersihan seluruh area persiapan makanan, termasuk meja, talenan, dan peralatan makan.
  • Beri label pada setiap kantong sebelum disimpan, dengan menunjukkan jenis makanan dan tanggal pengemasannya.
  • Batasi kontak tangan dengan makanan, atau lebih baik lagi, kenakan sarung tangan.
  • Jangan pernah melakukan kontaminasi silang pada makanan selama operasi pengemasan vakum.
  • Pastikan semua makanan dibersihkan secara menyeluruh sebelum dikemas.
  • Pastikan kantong tertutup rapat.
  • Simpan makanan kering (misalnya kerupuk dan kacang-kacangan) pada suhu kamar, dan simpan makanan lainnya di lemari es atau freezer.
  • Cuci tangan secara menyeluruh sebelum dan sesudah penyegelan vakum.

Dengan berbagai alasan di atas, Anda yang berkecimpung di dunia industri bisnis apapun harus selalu memikirkan detail kecil yang berhubungan langsung dengan produk Anda. Dan kemasan produk adalah senjata utama Anda dalam memasarkan produk Anda. PT Gpack Global Mandiri menyediakan berbagai jenis kemasan produk untuk bisnis Anda, kami jual kemasan produk sejak tahun 2018 lalu. Kami menawarkan kemasan yang andal, serta berbagai produk berkualitas dari plastik, kertas, karton, hingga aluminium foil.

Kami memberikan banyak pilihan yang tidak hanya memiliki fungsi optimal tetapi juga memperhatikan estetika dari kemasan tersebut. Karena kami yakin bahwa setiap bisnis itu memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri. Tujuan kami di PT Gpack Global Mandiri yang jual kemasan produk adalah memberikan solusi kemasan yang dapat melampaui harapan Anda. Dengan tim yang berdedikasi dan berpengalaman, kami siap untuk memberikan saran yang berharga serta solusi kreatif.

Hubungi kami untuk menjelajahi berbagai pilihan kemasan kami. Kami berkomitmen untuk merespons dengan cepat dan efisien, memastikan bahwa setiap pertanyaan atau kebutuhan Anda ditangani dengan tepat dan profesional.

Comments are disabled.