Kemasan Plastik OPP: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Gpack Global Mandiri – Plastik OPP dapat digambarkan sebagai plastik mengkilat yang bening dan tidak melar. Ini umumnya digunakan di seluruh dunia dalam produksi berbagai produk plastik termasuk kemasan plastik OPP. OPP adalah singkatan dari Polypropylene, memiliki kekuatan tarik tinggi, dan dapat menahan suhu tinggi.

Sekilas, mungkin sulit membedakan antara OPP, BOPP (Biaxially Oriented Polypropylene), dan PP (Polypropylene). Namun saat disentuh, Anda bisa membedakannya. Misalnya, OPP terasa rapuh sedangkan PP lebih lunak. Sebelum memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang kemasan plastik OPP, mari kita lihat perbedaan antara masing-masing bahan tersebut.

Perbedaan OPP, BOPP, dan PP

Pada dasarnya, cara pembuatannyalah yang membedakannya. Polypropylene adalah polimer utama yang digunakan dalam pembuatan OPP, BOPP, dan PP. OPP, juga dikenal sebagai polipropena, adalah polimer plastik termoplastik semi-kristal. Banyak item kemasan yang tersedia terbuat dari produk ini.

Plastik OPP akan kusut jika ditangani dengan kasar. Plastik ini transparan dan memiliki kepadatan tinggi. Karena plastik OPP sulit sobek, maka digunakan untuk mengemas produk skincare, pakaian, dan barang lainnya.

Kemasan plastik BOPP sangat baik untuk branding dan pencetakan pada permukaannya karena tampilannya yang transparan. Kemasan plastik ini umumnya digunakan dalam kemasan ritel seperti industri kemasan kain dan dapat menahan beban berat karena orientasi biaksialnya. Kemasan plastik BOPP tahan air dan menjaga produk di dalamnya terlindung dari kelembapan.

Di sisi lain, bahan PP bersifat lembab dan menyerap air, sehingga ideal untuk kemasan popok, pembalut, dan filter udara. Mereka juga memberikan penghalang suhu, menjadikannya pilihan yang sangat baik dalam pembuatan pakaian hangat.

Bahan OPP, BOPP, dan PP adalah pilihan yang berkelanjutan. Mereka memenuhi semua persyaratan lingkungan, dapat didaur ulang, dan tidak meninggalkan jejak karbon dalam proses pembuatannya.

Baca Juga: Lima Alasan Daging dalam Kemasan Daging Beku Begitu Populer

Kegunaan Plastik OPP

Ini sering digunakan untuk membuat lapisan dasar cuaca dingin dan pakaian lain di mana kelembaban harus dijauhkan dari tubuh.

Medis

Karena plastik OPP dapat diolah untuk menyerap air, maka sangat baik untuk membuat popok. Ketika dikonfigurasi dalam format mesh, Polypropylene digunakan dalam operasi perbaikan hernia dan prolaps organ panggul. Lapisan antimikroba dapat diterapkan untuk pencegahan bakteri dalam pembuatan gelang medis, dudukan infus, peralatan pemantauan medis, baki bedah, dll.

Kemasan dekoratif

Plastik OPP adalah pilihan yang sangat baik untuk produk promosi dan barang hadiah. Ini dapat diproduksi dalam jumlah besar dengan hasil akhir seperti cermin.

Kemasan Mode

Industri fesyen juga memanfaatkan plastik OPP kualitas unggul untuk mengemas item pakaian tanpa khawatir akan jamur atau kelembaban.

Makanan dan minuman

Sangat mudah untuk menjadikannya segel yang tahan lama untuk makanan dan minuman, sehingga penggunaan OPP dalam industri makanan dan minuman sangatlah tinggi.

Fitur Plastik OPP

  • Plastik OPP tahan terhadap asam, basa, dan pelarut organik. Inilah sebabnya mengapa bahan ini mudah digunakan dalam industri pengemasan dan melindungi produk dari kelembaban.
  • Performa plastik OPP luar biasa. Ini anti gores dan tahan terhadap keausan. Penyegelannya juga sangat baik. Jadi, bisa digunakan sebagai tas kado atau sebagai kemasan berbagai makanan seperti roti, kue kering, kacang-kacangan, dan rempah-rempah.
  • Plastik OPP ringan sehingga memudahkan produksi. Pengiriman biasanya cepat dan menghemat biaya.
  • Kemasan plastik OPP juga dapat disesuaikan dengan selera dan preferensi pelanggan.

Dengan berbagai alasan di atas, Anda yang berkecimpung di dunia industri bisnis apapun harus selalu memikirkan detail kecil yang berhubungan langsung dengan produk Anda. Dan kemasan produk adalah senjata utama Anda dalam memasarkan produk Anda. PT Gpack Global Mandiri menyediakan berbagai jenis kemasan produk untuk bisnis Anda, kami jual kemasan produk sejak tahun 2018 lalu. Kami menawarkan kemasan yang andal, serta berbagai produk berkualitas dari plastik, kertas, karton, hingga aluminium foil.

Kami memberikan banyak pilihan yang tidak hanya memiliki fungsi optimal tetapi juga memperhatikan estetika dari kemasan tersebut. Karena kami yakin bahwa setiap bisnis itu memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri. Tujuan kami di PT Gpack Global Mandiri yang jual kemasan produk adalah memberikan solusi kemasan yang dapat melampaui harapan Anda. Dengan tim yang berdedikasi dan berpengalaman, kami siap untuk memberikan saran yang berharga serta solusi kreatif.

Hubungi kami untuk menjelajahi berbagai pilihan kemasan kami. Kami berkomitmen untuk merespons dengan cepat dan efisien, memastikan bahwa setiap pertanyaan atau kebutuhan Anda ditangani dengan tepat dan profesional.

Comments are disabled.