5 Perbedaan Kemasan Plastik PP (Polipropilen) dan PE (Polietilen) untuk Makanan

Gpack Global Mandiri – Polietilen (PE) dan polipropilen (PP) adalah dua plastik yang paling umum digunakan dalam industri pengemasan makanan. Secara sekilas keduanya tampak sangat mirip, namun masing-masing memiliki karakteristik dan fungsi tertentu yang jelas. Tahukah Anda perbedaan di antara keduanya? Hari ini kita akan melihat karakteristik masing-masing polimer untuk membantu Anda memahami 5 perbedaan antara kemasan makanan polipropilen dan polietilen.

Polyethylene dan Polypropylene: Karakteristik Umum

Ketika kita berbicara tentang kode identifikasi plastik, kami menjelaskan bahwa polietilen diklasifikasikan menjadi nomor 2 – HDPE: Polietilen densitas tinggi dan nomor 4 – LDPE: Polietilen densitas rendah. Polietilen adalah polimer yang terbuat dari etilen, dan bergantung pada cara polimerisasinya, sifat-sifat polietilen berubah.

Namun Polypropylene diklasifikasikan sebagai nomor 5 – PP. Ini juga merupakan polimer plastik, tetapi monomernya adalah propilena, yang mudah diproduksi dan memiliki tingkat kemurnian yang tinggi.

Perbedaan Kemasan Makanan Polyethylene dan Polypropylene

1. Tahan Kimia dan Panas

  • Suhu tinggi: polipropilena lebih tahan terhadap suhu tinggi dibandingkan polietilen. Meskipun yang pertama tetap dalam kondisi sempurna antara 140ºC dan 170ºC, suhu tertinggi yang dapat ditahan oleh yang terakhir adalah antara 105ºC dan 115ºC.
  • Suhu rendah: dalam hal ini, polietilen lebih tahan pada suhu rendah, mempertahankan karakteristiknya serendah -80ºC. Polypropylene hanya mempertahankan sifat-sifatnya di atas 0ºC.
  • Ketahanan terhadap bahan kimia: meskipun polietilen memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap keausan, polipropilenlah yang menonjol karena ketahanannya yang tinggi terhadap asam abrasif, inilah salah satu perbedaan utama antara kedua plastik tersebut.

2. Fleksibilitas

Polietilen merupakan bahan yang sangat elastis dan mudah meregang, menjadikannya bahan yang sempurna untuk kemasan makanan. Polipropilena kurang fleksibel, meskipun lebih sulit dipatahkan. Tergantung pada orientasi yang diberikan pada plastik (BOPP atau OPP), tingkat fleksibilitasnya akan lebih besar atau lebih kecil.

Baca Juga: 6 Manfaat Flexible Packaging dengan Fitur Kemasan Plastik Multilayer

3. Ringan dan Warna

Polypropylene adalah bahan yang jauh lebih ringan dibandingkan polietilen. Mengenai warna, dalam bentuk aslinya yang pertama berwarna putih transparan, sedangkan polietilen tidak berwarna. Proses ekstrusi industri yang berbeda digunakan untuk mengembangkan fitur terbaik untuk industri pengemasan, dengan kata lain, transparansi yang lebih baik, kemampuan sobek, kemampuan tembus (jebol), dll.

4. Daur Ulang

Kemasan makanan berbahan polipropilen dan polietilen mudah didaur ulang, karena kedua bahan tersebut bersifat termoplastik. Artinya meleleh saat terkena proses panas dan dapat dibentuk berulang kali. Khusus untuk kedua plastik ini, keduanya dapat digunakan kembali setelah didaur ulang. Namun polietilen merupakan bahan yang paling banyak didaur ulang dibandingkan keduanya.

5. Penggunaan dalam Kemasan Makanan

Perbedaan ciri-ciri kedua plastik ini menyebabkan kegunaannya sebagai kemasan makanan seringkali sangat berbeda. Mari kita lihat beberapa contoh:

  • Kemasan microwave: berkat ketahanannya terhadap suhu tinggi, polipropilen sangat cocok untuk kemasan microwave.
  • High hot-tack: kemasan makanan dengan hot-tack tinggi, atau ketahanan terhadap penyegelan panas, sangat cocok untuk mengemas kacang, nasi, dan saus. Ini pada dasarnya terbuat dari polipropilena yang berorientasi biaksial.

Polipropilena adalah bahan yang baik untuk digunakan dalam perlakuan panas, seperti sterilisasi dan pasteurisasi. Karena tahan terhadap kedua perlakuan tersebut dengan sempurna. Namun, polietilen hanya tahan terhadap pasteurisasi.

Dengan berbagai alasan di atas, Anda yang berkecimpung di dunia industri bisnis apapun harus selalu memikirkan detail kecil yang berhubungan langsung dengan produk Anda. Dan kemasan produk adalah senjata utama Anda dalam memasarkan produk Anda. PT Gpack Global Mandiri menyediakan berbagai jenis kemasan produk untuk bisnis Anda, kami jual kemasan produk sejak tahun 2018 lalu. Kami menawarkan kemasan yang andal, serta berbagai produk berkualitas dari plastik, kertas, karton, hingga aluminium foil.

Kami memberikan banyak pilihan yang tidak hanya memiliki fungsi optimal tetapi juga memperhatikan estetika dari kemasan tersebut. Karena kami yakin bahwa setiap bisnis itu memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri. Tujuan kami di PT Gpack Global Mandiri yang jual kemasan produk adalah memberikan solusi kemasan yang dapat melampaui harapan Anda. Dengan tim yang berdedikasi dan berpengalaman, kami siap untuk memberikan saran yang berharga serta solusi kreatif.

Hubungi kami untuk menjelajahi berbagai pilihan kemasan kami. Kami berkomitmen untuk merespons dengan cepat dan efisien, memastikan bahwa setiap pertanyaan atau kebutuhan Anda ditangani dengan tepat dan profesional.

Comments are disabled.