7 Alasan Utama Kita Membutuhkan Kemasan Plastik

Gpack Global Mandiri – Plastik digunakan dalam berbagai kemasan makanan dan wadah penyimpanan. Ini karena kemasan plastik sangat efektif dan efisien dalam mencegah kerusakan makanan, menjamin keamanannya, dan memperpanjang kesegarannya. Selain itu, produk-produk ini berkontribusi terhadap pengurangan berat selama transportasi, sehingga menghasilkan penghematan bahan bakar dan pengurangan emisi gas rumah kaca.

Meskipun penggunaan produk-produk ini mungkin berdampak pada lingkungan, plastik berguna dalam berbagai aplikasi, khususnya dalam pengemasan. Ini adalah sesuatu yang akan kita bahas lebih dalam di artikel ini.

1. Plastik melindungi produk dari kerusakan dan kontaminasi selama pengangkutan

Kemasan plastik tahan terhadap suhu ekstrim dan tidak cepat rusak baik dalam kondisi panas maupun dingin. Ini juga melindungi barang Anda dari kelembaban dan bau busuk. Tak hanya itu, plastik juga menghindarkan produk dari gas berbahaya, serangga, dan kelembaban. Dibandingkan dengan wadah kemasan lain seperti kertas, plastik dapat mencegah air meresap ke dalamnya, sehingga menjaga keutuhan barang.

2. Kemasan plastik ringan dan hanya memakan sedikit ruang

Penggunaan kemasan yang ringan menghemat energi selama proses transportasi serta menurunkan total biaya. Plastik sangat ringan, memungkinkan bisnis mengirimkan lebih banyak produk sambil menggunakan lebih sedikit bahan kemasan secara keseluruhan. Selain itu, kualitas mekanis dan kemampuan menahan berbagai tekanan bahan plastik, meskipun ringan, sangatlah signifikan.

3. Plastik bisa bertahan lama dibandingkan bahan lainnya

Bahan kemasan yang kurang tahan lama menyebabkan banyak biaya perawatan atau penggantian, yang pada akhirnya meningkatkan pengeluaran bisnis. Tujuan utama pengemasan adalah untuk menjaga produk tetap aman selama proses perpindahannya dan melindunginya dari bahaya saat produk berada di rak. Oleh karena itu, bisnis harus berinvestasi pada material yang tahan lama dan dapat diandalkan.

4. Plastik bermanfaat untuk menyimpan makanan dalam jangka waktu lama

Kemampuan untuk menjaga keamanan produk makanan dalam jangka waktu yang lebih lama selalu menjadi salah satu tantangan terbesar umat manusia. Selama bertahun-tahun, manusia semakin mahir mengembangkan teknik yang lebih efektif dalam mengawetkan makanan untuk digunakan nanti. Plastik adalah bahan terbaik untuk melindungi makanan dari unsur apa pun yang dapat merusak atau mengkontaminasi produk.

5. Plastik sangat serbaguna dan dapat disesuaikan

Kemasan memegang peranan penting dalam pengembangan merek dan pemasaran suatu produk. Memasarkan merek perusahaan Anda sangatlah penting karena merek tersebut tidak hanya menciptakan kesan abadi pada konsumen, namun juga membantu pelanggan dan klien Anda memahami apa yang diharapkan dari perusahaan Anda.

Baca Juga: Mengapa Kantong Plastik Vakum Menjadi Kemasan Utama dalam Industri Makanan?

Kemasan sama pentingnya dengan produk yang dikandungnya. Tujuannya adalah untuk membuat produk menonjol di rak jualan atau katalog website, meningkatkan penjualan, memberikan informasi berguna tentang produk, dan meningkatkan perhatian. Untungnya, plastik adalah bahan yang paling dapat disesuaikan dan paling serbaguna yang tersedia di pasaran.

Anda dapat menyesuaikan kemasan Anda dengan mencetak logo merek Anda di atasnya, memilih warna, dan menyertakan pola atau desain yang akan membuat pengalaman membuka bungkusnya lebih menyenangkan bagi pelanggan Anda.

6 Kemampuan beradaptasi plastik yang luar biasa memudahkan penggunaan kembali dan daur ulang

Pelanggan dapat menggunakan kembali kemasan plastik, yang merupakan keunggulan utama dari bahan tersebut. Stretch wrap, misalnya, dapat didaur ulang dengan plastik elastis lainnya seperti plastik kantong belanjaan dan plastik fleksibel lainnya dengan menggunakan prosedur tertentu.

Bubble wrap juga dapat dibawa ke fasilitas khusus untuk digiling dan dibuat menjadi butiran plastik kecil yang ramah lingkungan. Hasil tersebut kemudian dapat digunakan untuk membuat tas belanja baru atau barang plastik lainnya, yang selanjutnya dapat didaur ulang. Secara keseluruhan, beberapa perusahaan sedang mengembangkan mesin pembuat kantong plastik khusus yang akan membantu Anda mengoptimalkan daur ulang plastik. Tentunya konsumen juga dapat memanfaatkan dan mendaur ulang kemasan plastik dengan caranya yang unik.

7. Plastik sangat hemat biaya

Kemasan plastik jelas merupakan bahan termurah dari semua pilihan kemasan lain yang tersedia di pasaran. Terlepas dari besarnya aktivitas perusahaan, kemasan plastik adalah solusi hemat biaya. Secara khusus, produsen makanan skala kecil pun mendapatkan manfaat yang signifikan dari efektivitas biaya kemasan makanan plastik. Karena memungkinkan mereka memiliki akses terhadap alternatif kemasan standar meskipun anggaran mereka lebih kecil.

Alasan utama mengapa plastik murah adalah karena terbuat dari bahan mentah seperti tanaman, minyak, dan gas alam, yang semuanya melimpah. Mengingat bahan-bahan tersebut juga dapat didaur ulang, dan digunakan kembali, bahan-bahan ini dapat menurunkan biaya dan berfungsi sebagai barang kemasan yang sangat ekonomis dalam jangka panjang.

Dengan berbagai alasan di atas, Anda yang berkecimpung di dunia industri bisnis apapun harus selalu memikirkan detail kecil yang berhubungan langsung dengan produk Anda. Dan kemasan produk adalah senjata utama Anda dalam memasarkan produk Anda. PT Gpack Global Mandiri menyediakan berbagai jenis kemasan produk untuk bisnis Anda, kami jual kemasan produk sejak tahun 2018 lalu. Kami menawarkan kemasan yang andal, serta berbagai produk berkualitas dari plastik, kertas, karton, hingga aluminium foil.

Kami memberikan banyak pilihan yang tidak hanya memiliki fungsi optimal tetapi juga memperhatikan estetika dari kemasan tersebut. Karena kami yakin bahwa setiap bisnis itu memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri. Tujuan kami di PT Gpack Global Mandiri yang jual kemasan produk adalah memberikan solusi kemasan yang dapat melampaui harapan Anda. Dengan tim yang berdedikasi dan berpengalaman, kami siap untuk memberikan saran yang berharga serta solusi kreatif.

Hubungi kami untuk menjelajahi berbagai pilihan kemasan kami. Kami berkomitmen untuk merespons dengan cepat dan efisien, memastikan bahwa setiap pertanyaan atau kebutuhan Anda ditangani dengan tepat dan profesional.

Comments are disabled.