Mengapa Kantong Plastik Vakum Menjadi Kemasan Utama dalam Industri Makanan?

Gpack Global Mandiri – Penggunaan kantong kemasan makanan melindungi komoditas kita dan memberikan kemudahan dalam kehidupan kita sehari-hari. Melindungi produk adalah fungsi dasar dari semua kantong kemasan makanan. Selama penyimpanan dan pengangkutan produk, kantong kemasan makanan dapat secara efektif mencegah kebocoran, kehilangan, penyusutan, dan perubahan warna produk.

Kantong kemasan makanan yang biasa digunakan dalam industri pengemasan makanan, kantong plastik vakum dapat secara efektif mengisolasi oksigen, mencegah pembusukan dan kerusakan makanan, secara efektif memperpanjang umur simpan, mencegah invasi dan reproduksi bakteri, serta memastikan keamanan dan kebersihan makanan.

Apa itu Kemasan Vakum?

Pengemasan vakum berarti udara di dalam kantong pengemas dikeluarkan dan disegel untuk mengisolasi makanan di dalam kantong plastik vakum dari dunia luar. Di bawah lingkungan vakum, pertumbuhan mikroorganisme diperlambat atau dihambat, sehingga mengurangi degradasi protein dan pembusukan oksidatif lemak. Selain itu, setelah dikemas dalam kantong vakum, derajat kevakuman di dalam kantong tinggi, dan sisa udara sedikit, sehingga dapat menghambat reproduksi mikroorganisme seperti bakteri, sehingga memperpanjang umur simpan produk. Untuk beberapa barang lunak, volumenya dapat dikurangi setelah pengemasan vakum.

Dalam industri makanan, banyak perusahaan telah memperkenalkan kantong plastik vakum. Mengapa kantong plastik vakum begitu populer?

  1. Untuk buah-buahan dan sayuran, kemasan vakum mengurangi kandungan oksigen di dalam kantong. Sehingga buah-buahan dan sayuran dapat bernafas melalui respirasi anaerobik untuk menghasilkan karbon dioksida dengan tetap menjaga kelembaban tertentu. Lingkungan dengan oksigen rendah, karbon dioksida tinggi, dan kelembaban tinggi dapat secara efektif mengurangi transpirasi, produksi etilen, dan konsumsi nutrisi, untuk mencapai tujuan pengawetan;

Baca Juga: Apa Manfaat Kemasan Pouch Fleksibel untuk Bisnis Makanan?

  1. Untuk makanan daging, kantong plastik yang divakum menghilangkan oksigen dalam kantong kemasan, yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri seperti jamur, dan juga menghambat penguraian dan oksidasi minyak, serta mengendalikan kerusakan makanan. Karena respirasi terus menerus pada jaringan daging dan seringnya aktivitas beberapa mikroorganisme, oksigen dalam kantong vakum akan diubah menjadi karbon dioksida, dan akumulasi karbon dioksida dapat secara efektif menghambat reproduksi dan pembentukan bakteri, yang memiliki efek tertentu.
  2. Untuk makanan lain, kantong plastik vakum dapat mengurangi penguapan air setelah pengemasan, dan mengontrol kondensasi dan pemadatan yang disebabkan oleh hilangnya air dalam makanan;
  3. Selain fungsi dari kantongnya itu sendiri, kemasan vakum juga mempunyai keunggulan yaitu menahan tekanan mekanis, meredam getaran, dan memudahkan pengangkutan jarak jauh. Sehingga lebih efektif menjaga warna, aroma, rasa, bentuk, dan nilai gizi asli pangan.

Dengan berbagai alasan di atas, Anda yang berkecimpung di dunia industri bisnis apapun harus selalu memikirkan detail kecil yang berhubungan langsung dengan produk Anda. Dan kemasan produk adalah senjata utama Anda dalam memasarkan produk Anda. PT Gpack Global Mandiri menyediakan berbagai jenis kemasan produk untuk bisnis Anda, kami jual kemasan produk sejak tahun 2018 lalu. Kami menawarkan kemasan yang andal, serta berbagai produk berkualitas dari plastik, kertas, karton, hingga aluminium foil.

Kami memberikan banyak pilihan yang tidak hanya memiliki fungsi optimal tetapi juga memperhatikan estetika dari kemasan tersebut. Karena kami yakin bahwa setiap bisnis itu memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri. Tujuan kami di PT Gpack Global Mandiri yang jual kemasan produk adalah memberikan solusi kemasan yang dapat melampaui harapan Anda. Dengan tim yang berdedikasi dan berpengalaman, kami siap untuk memberikan saran yang berharga serta solusi kreatif.

Hubungi kami untuk menjelajahi berbagai pilihan kemasan kami. Kami berkomitmen untuk merespons dengan cepat dan efisien, memastikan bahwa setiap pertanyaan atau kebutuhan Anda ditangani dengan tepat dan profesional.

Comments are disabled.