7 Jenis Plastik yang Digunakan dalam Kemasan Makanan

Gpack Global Mandiri – Kita semua berinteraksi dengan plastik, baik saat Anda membuka sekantong keripik kentang segar atau menyeruput es teh dari sebuah cup plastik dengan sedotan. Produsen kuliner menggunakan plastik untuk mengemas setiap bahan makanan yang terbungkus rapi. Ini adalah hal yang luar biasa!

Bagaimanapun, plastik memastikan bahan-bahan segar tetap terjaga dengan baik. Mereka juga melindungi produk favorit kita dari kontaminasi. Jelajahi beberapa jenis plastik berbeda yang biasa digunakan dalam kemasan makanan. Selain itu, temukan betapa menonjolnya plastik ini dalam kehidupan kita sehari-hari.

1. Plastik PET

Salah satu jenis plastik yang umum digunakan dalam kemasan makanan adalah polietilen tereftalat atau poliester. Juga disebut sebagai PET, plastik ini terkenal karena kekuatannya, bentuk yang ringan, dan warnanya yang sebening kristal. Produk ini bertanggung jawab untuk menciptakan lapisan berkilau, halus, dan tahan lama seperti yang Anda temukan pada banyak produk makanan favorit Anda, seperti:

  • Botol minuman ringan
  • Wadah jus buah
  • Toples selai kacang dan krim
  • Botol minyak goreng dan saus

2. Plastik HDPE

Jika Anda pernah menikmati sekotak es krim atau sedikit susu saat kopi pagi, kemungkinan besar Anda pernah menemukan plastik polietilen berdensitas tinggi. Pada tingkat kimia, HDPE adalah polimer termoplastik yang terdiri dari minyak bumi. Ini adalah salah satu plastik paling serbaguna di dunia. Dengan demikian, minyak bumi memiliki beragam kegunaan yang mengesankan. Untuk kemasan makanan, Anda dapat menemukan plastik serbaguna ini di:

  • Tas freezer
  • Botol jus
  • Kantong & sachet

Anda juga dapat menemukan HDPE dalam produk seperti botol air, wadah margarin dan mentega. Ketahanannya terhadap benturan dan titik leleh yang tinggi membuat plastik HDPE begitu populer.

3. Plastik PVC

Anda dapat menemukan plastik berikutnya di dekat semua barang favorit Anda. Entah itu kue brownies yang ditata indah di nampan camilan, atau sebotol selai raspberry buatan sendiri, polivinil klorida, atau PVC, mungkin ada di dekat Anda.

Seperti HDPE, PVC juga merupakan termoplastik dengan banyak kegunaan. Ini populer di kalangan  pabrik kimia khusus karena formula uniknya, yang memungkinkannya fleksibel atau kaku. PVC juga memiliki stabilitas dimensi yang sangat baik, permeabel terhadap oksigen, dan memiliki kekuatan benturan yang tinggi.

Lebih jauh lagi, plastik ini bertindak sebagai penghalang efektif terhadap lemak dan minyak. Mungkin karakteristik ini menjadikan PVC pilihan ideal untuk produk makanan seperti tabung untuk sistem minuman, kemasan melepuh untuk permen karet, segel pada tutup logam, kertas makanan, dan pembungkus makanan.

Baca Juga: Manfaat Penggunaan Kemasan Makanan Berbahan Plastik

4. Plastik LDPE

Polietilen densitas rendah adalah plastik lain yang ditemukan dalam berbagai kemasan makanan. Biasa disebut LDPE, bahan ini adalah termoplastik. Formulanya terdiri dari senyawa yang disebut etilen monomer. Susunan kimianya membuat LDPE:

  • Tembus cahaya
  • Fleksibel
  • Tahan lama

LDPE adalah bahan yang bagus untuk berbagai aplikasi manufaktur. Produsen sering menggunakannya untuk membuat berbagai wadah, mencuci, dan mengeluarkan botol, komponen komputer plastik, dan peralatan laboratorium cetakan. Namun, bahan yang sangat tahan lama ini juga merupakan aset berharga dalam pembuatan berbagai jenis kemasan makanan.

5. Plastik PP

Jika Anda senang mengoleskan sedikit krim asam pada semua makanan siap saji atau membuat kue keju dari awal, kemungkinan besar Anda sering menjumpai plastik polipropilen, atau PP. Mirip dengan bahan sejenisnya, PP adalah termoplastik. Tahan lama, berkilau, dan tahan panas.

Ini juga merupakan pilihan populer untuk wadah keripik yang tahan lama dan nyaman yang kami sukai untuk mengisi dapur kami. Meskipun demikian, plastik ini menjadi terkenal karena perannya dalam plastik yang dapat dipanaskan dengan microwave. Kemampuannya untuk menahan suhu yang lebih tinggi berasal dari titik lelehnya yang sangat tinggi.

6. Plastik PS

BBQ di halaman belakang, dapur restoran, dan toko kelontong memiliki tujuan untuk plastik polistiren, atau PS. Baik Anda minum dari gelas plastik bersama teman atau mengemas pesanan untuk dibawa pulang ke tempat kerja di restoran, plastik PS ada di mana-mana.

Seperti kebanyakan plastik lain yang disebutkan dalam panduan ini, PS adalah termoplastik. Ini transparan secara alami dan bisa berbentuk padat atau sebagai bahan busa kaku (misalnya cangkir styrofoam). PS sangat ideal untuk berbagai keperluan komersial, sehingga daftar kemasan makanan yang menggunakan plastik sangat banyak. Pada dasarnya, PS adalah plastik lain yang umum digunakan yang dapat Anda temukan di sebagian besar kemasan dan wadah makanan Anda.

7. Plastik Lainnya

Ada jenis plastik lain yang kurang dikenal seperti plastik polikarbonat Nalgene. Plastik ini sangat keras dan tahan lama, menjadikannya bahan yang sempurna untuk produk seperti botol bayi dan wadah pendingin.

Ada juga bahan plastik mutakhir seperti asam polilaktat atau PLA, yang berasal dari bahan organik terbarukan seperti tebu dan tepung maizena. Anda dapat menemukan komponen plastik ini dalam versi produk yang biodegradable dan ramah lingkungan seperti sedotan, kemasan untuk dibawa bepergian, piring, dan mangkuk.

Dengan berbagai alasan di atas, Anda yang berkecimpung di dunia industri bisnis apapun harus selalu memikirkan detail kecil yang berhubungan langsung dengan produk Anda. Dan kemasan produk adalah senjata utama Anda dalam memasarkan produk Anda. PT Gpack Global Mandiri menyediakan berbagai jenis kemasan produk untuk bisnis Anda, kami jual kemasan produk sejak tahun 2018 lalu. Kami menawarkan kemasan yang andal, serta berbagai produk berkualitas dari plastik, kertas, karton, hingga aluminium foil.

Kami memberikan banyak pilihan yang tidak hanya memiliki fungsi optimal tetapi juga memperhatikan estetika dari kemasan tersebut. Karena kami yakin bahwa setiap bisnis itu memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri. Tujuan kami di PT Gpack Global Mandiri yang jual kemasan produk adalah memberikan solusi kemasan yang dapat melampaui harapan Anda. Dengan tim yang berdedikasi dan berpengalaman, kami siap untuk memberikan saran yang berharga serta solusi kreatif.

Hubungi kami untuk menjelajahi berbagai pilihan kemasan kami. Kami berkomitmen untuk merespons dengan cepat dan efisien, memastikan bahwa setiap pertanyaan atau kebutuhan Anda ditangani dengan tepat dan profesional.

Comments are disabled.