Apa itu Kemasan Plastik OPP? Bagaimana Membedakan Kemasan OPP dan Kemasan PE?

Gpack Global Mandiri – Kemasan OPP merupakan salah satu jenis kemasan yang banyak digunakan oleh kalangan bisnis maupun rumah tangga. Penasaran apa isi kemasan ini? Untuk apa mereka digunakan? Apakah tahan lama? Dalam artikel ini, Gpack Global Mandiri akan membantu Anda menjawab semua pertanyaan Anda. Mari temukan sekarang!

Apa itu Kemasan OPP?

Kemasan OPP adalah kemasan yang diproduksi dengan menggabungkan 2 lapisan PP kompleks. Oleh karena itu, kemasan ini akan memiliki kekuatan dan fleksibilitas yang tinggi. Keunggulan kemasan OPP adalah estetika, permukaannya memiliki kecerahan dan tembus pandang yang sangat baik. Selain itu, permukaannya halus dan sangat tahan terhadap goresan.

Saat ini kemasan OPP digunakan untuk menampung dan mengemas berbagai jenis barang. Secara khusus, mereka digunakan untuk mengemas barang-barang kelas atas untuk meningkatkan nilai produk di dalamnya. Kemasan OPP yang dicetak dengan indah juga membantu bisnis mempromosikan citra merek kepada pelanggan.

Beberapa Fitur Kemasan OPP

Kemasan OPP pada dasarnya terbuat dari 2 lapisan PP, sehingga mewarisi ciri-ciri manik-manik plastik PP. Seperti kemasan PP lainnya, kemasan OPP memiliki keunggulan luar biasa sebagai berikut:

  • Kemasan OPP memiliki kekuatan mekanik yang sangat baik. Saat menyimpan produk dan barang dengan volume yang besar masih sulit untuk robek dan bocor.
  • Kemasan ini memiliki permukaan yang transparan dan mengkilap sehingga produk di dalamnya dapat terlihat. Permukaan kemasan menghadirkan keanggunan dan nilai tambah pada produk.
  • Kemasan OPP sangat tahan air, tahan lembab, dan tahan debu.
  • Kemasan sangat sulit untuk diregangkan, sehingga memastikan bentuk kemasan yang indah saat mengemas produk dan mengangkut dalam kondisi lingkungan yang berbeda.
  • Kemasan OPP adalah salah satu pilihan bagus untuk mengemas dan mengawetkan barang seperti makanan, bahan medis, obat-obatan, dan lain-lain.

Namun kemasan OPP memiliki kekurangan yaitu harganya yang lebih mahal dibandingkan kemasan PP jenis lainnya. Kemasan OPP setelah digunakan sangat sulit terurai di lingkungan. Oleh karena itu, perlu adanya penanganan agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

Aplikasi Kemasan OPP yang Populer

Kemasan OPP memiliki banyak fitur luar biasa. Mereka memiliki ketahanan yang baik terhadap air, kotoran, bahan kimia, dan ketahanan. Khususnya kemasan OPP cetak dengan desain cantik dapat menambah nilai lebih pada produk Anda. Oleh karena itu, mereka diterapkan di berbagai bidang termasuk:

  • Di bidang fashion: Kemasan OPP digunakan untuk mengemas barang-barang fashion seperti baju, sepatu, sandal, dan lain-lain.
  • Bidang makanan: Kemasan OPP digunakan untuk mengemas dan mengawetkan kembang gula, bubuk, sayuran hijau, umbi-umbian, dan buah-buahan.
  • Di bidang medis: Kemasan OPP digunakan untuk menyimpan peralatan medis, mengemas obat, dan lain-lain.
  • Di bidang elektronika: Kemasan jenis ini digunakan untuk menyimpan alat-alat elektronik berukuran kecil agar tidak hilang dan berkarat.

Baca Juga: Panduan Utama Merancang Kemasan Makanan Frozen untuk Daging

Bagaimana Membedakan Kemasan OPP dan Kemasan PE?

Apa perbedaan antara kemasan OPP dan kemasan PE? Kami yakin ini adalah pertanyaan banyak orang saat ini. Berikut kami dari Gpack Global Mandiri membandingkan 2 jenis kemasan ini!

Tentang bahan produksi kemasan:

Kemasan PP dibuat dari butiran plastik PP bersama dengan beberapa bahan tambahan lainnya. Kemasan jenis ini cukup fleksibel, memiliki ketahanan panas yang baik dan ketahanan abrasi yang baik. Namun kelemahannya adalah mudah berubah bentuk.

Kemasan OPP terdiri dari 2 lapisan PP yang cukup keras dan rapuh. Kemasan jenis ini memiliki membran nilon dengan kekuatan tarik yang tinggi. Kemasan dengan tampilan seperti kaca high gloss menghadirkan tampilan mewah pada produk.

Sifat fisik:

Kemasan OPP memiliki keuletan yang lebih baik dibandingkan kemasan OPP, sehingga kemasan PP sering digunakan untuk menyimpan kembang gula, komponen elektronik, dan lain-lain.

Kemasan OPP lebih keras dan rapuh, sehingga sulit robek atau tertusuk saat digunakan. Dibandingkan dengan kemasan PP, kemasan OPP memiliki penerapan yang lebih luas.

Tentang estetika:

Kemasan OPP memiliki transparansi yang lebih tinggi dibandingkan kemasan PP, sehingga dianggap lebih cantik dibandingkan kemasan PP. Dalam pencetakan, dengan menggunakan kemasan OPP akan menghasilkan hasil cetakan yang lebih tajam, cerah, dan tahan lama. Oleh karena itu, kemasan OPP sering digunakan untuk membuat kemasan pembungkus kado dan alat tulis.

Dengan berbagai ulasan di atas, Anda yang berkecimpung di dunia industri bisnis apapun harus selalu memikirkan detail kecil yang berhubungan langsung dengan produk Anda. Dan kemasan produk adalah senjata utama Anda dalam memasarkan produk Anda. PT Gpack Global Mandiri menyediakan berbagai jenis kemasan produk untuk bisnis Anda, kami jual kemasan produk sejak tahun 2018 lalu. Kami menawarkan kemasan yang andal, serta berbagai produk berkualitas dari plastik, kertas, karton, hingga aluminium foil.

Kami memberikan banyak pilihan yang tidak hanya memiliki fungsi optimal tetapi juga memperhatikan estetika dari kemasan tersebut. Karena kami yakin bahwa setiap bisnis itu memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri. Tujuan kami di PT Gpack Global Mandiri yang jual kemasan produk adalah memberikan solusi kemasan yang dapat melampaui harapan Anda. Dengan tim yang berdedikasi dan berpengalaman, kami siap untuk memberikan saran yang berharga serta solusi kreatif.

Hubungi kami untuk menjelajahi berbagai pilihan kemasan kami. Kami berkomitmen untuk merespons dengan cepat dan efisien, memastikan bahwa setiap pertanyaan atau kebutuhan Anda ditangani dengan tepat dan profesional.

Comments are disabled.