Bagaimana Cara Memilih Vacum Bag Makanan yang Tepat?

Gpack Global Mandiri – Tahukah Anda bahwa Vacum Bag merupakan faktor terpenting dalam kemasan makanan yang disimpan dalam waktu lama? Jika Anda memperhatikan bahwa kantong vakum Anda meleleh saat menyedot dengan penyedot atau mesin tidak mengeluarkan cukup udara, maka masalahnya terletak pada kantong vakum yang Anda gunakan dan bukan pada mesin seperti yang dipikirkan sebagian besar pengguna.

Baca postingan berikut tentang syarat terpenting saat Anda mengemas makanan secara vakum untuk pembekuan dan penyimpanan jangka panjang.

Seperti Apa Kantong Vakum Makanan Terbaik?

Tiga faktor penting untuk menentukan kualikantong kantong vakum:

  • kantong terbuat dari bahan apa,
  • ketebalan lapisan dari kantong dan
  • profil bergaris.

Bahan

Struktur kantong sangat penting karena bagian dalam kantong bersentuhan langsung dengan makanan. Produsen kantong perlu menjamin semua bahan yang digunakan adalah bahan food grade dan mencantumkan suhu di mana vacum bag aman digunakan (apakah kantong tersebut sesuai untuk pembekuan dan bisa digunakan untuk memasak bahan makanan tertentu).

Kantong vakum makanan status terbuat dari poliamida dan polietilen. Poliamida (PA) memastikan impermeabilitas oksigen pada kantong. Penting untuk dicatat bahwa kantong vakum memiliki lapisan PA paling tebal (20 µm) di pasaran. Polyethylene (PE) memastikan penyegelan kantong berkualitas.

Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa PE adalah salah satu bahan paling aman untuk digunakan pada makanan. Makanan Anda akan tetap sama seperti pada hari pengemasan vakum setelah enam bulan atau bahkan lebih lama. Kantong juga dapat digunakan untuk pembekuan dan memasak (pada suhu 70°C maksimal 12 jam, pada suhu 80°C maksimal 6 jam, pada suhu 100°C maksimal 15 menit).

Baca Juga: Mengapa Vacuum Plastic Packaging Adalah Cara Terbaik yang Harus Dilakukan?

Ketebalan

Vacum bag untuk makanan harus cukup tebal karena juga melindungi makanan dari kerusakan mekanis dari luar. Dengan kantong yang tepat, Anda tidak perlu khawatir kemasan makanan akan bergesekan dan robek di dalam freezer. Berhati-hatilah saat mengemas daging dengan tulang tajam secara vakum. Kami menyarankan Anda melapisi bagian tepi yang tajam dengan tisu sebelum menyedot udara di dalamnya.

Kantong vakum makanan memiliki lapisan halus setebal 100 µm dan lapisan bergaris setebal 120 µm. Informasi lebih detail mengenai struktur dan ketebalan kantong bisa Anda tanyakan kepada kontak person kami.

Profil Bergaris

Dua faktor terakhir yang membedakan kantong vakum terbaik dengan kantong biasa adalah bentuk dan tinggi profil bergaris. Keduanya sangat penting untuk penyedotan udara yang efisien, menghilangkan udara dari kantong dalam banyak siklus pengepakan barang secara vakum.

Mari kita uraikan lebih lanjut: jika Anda mencoba memompa udara keluar dari kantong dengan dua lapisan halus, lapisan-lapisan tersebut akan saling menempel bahkan sebelum semua udara dikeluarkan dan makanan tidak akan disimpan dengan benar. Bentuk saluran khusus pada profil bergaris memastikan aliran udara yang efektif selama pengepakan vakum. Ketinggian profil bergaris memastikan penyimpanan vakum dalam banyak siklus pengepakan vakum yang berkelanjutan.

Foil vakum yang dibuat memiliki bentuk punggungan khusus yang dianggap paling efisien berdasarkan penelitian bertahun-tahun. Tingginya 0,2 mm dan memastikan 50 atau lebih siklus vakum berkelanjutan.

Dengan berbagai alasan di atas, Anda yang berkecimpung di dunia industri bisnis apapun harus selalu memikirkan detail kecil yang berhubungan langsung dengan produk Anda. Dan kemasan produk adalah senjata utama Anda dalam memasarkan produk Anda. PT Gpack Global Mandiri menyediakan berbagai jenis kemasan produk untuk bisnis Anda, kami jual kemasan produk sejak tahun 2018 lalu. Kami menawarkan kemasan yang andal, serta berbagai produk berkualitas dari plastik, kertas, karton, hingga aluminium foil.

Kami memberikan banyak pilihan yang tidak hanya memiliki fungsi optimal tetapi juga memperhatikan estetika dari kemasan tersebut. Karena kami yakin bahwa setiap bisnis itu memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri. Tujuan kami di PT Gpack Global Mandiri yang jual kemasan produk adalah memberikan solusi kemasan yang dapat melampaui harapan Anda. Dengan tim yang berdedikasi dan berpengalaman, kami siap untuk memberikan saran yang berharga serta solusi kreatif.

Hubungi kami untuk menjelajahi berbagai pilihan kemasan kami. Kami berkomitmen untuk merespons dengan cepat dan efisien, memastikan bahwa setiap pertanyaan atau kebutuhan Anda ditangani dengan tepat dan profesional.

Comments are disabled.