Bahan Kemasan Frozen untuk Makanan Seperti Apa yang Cocok?

Gpack Global Mandiri – Saat dibekukan, sebagian besar produk makanan beku atau frozen mengembang hingga 9% tergantung pada kadar airnya. Oleh karena itu, bahan kemasan frozen harus kuat dan fleksibel untuk mengakomodasi perubahan tersebut. Memilih bahan kemasan frozen yang tepat untuk makanan beku Anda adalah kunci efektivitas produk. Poin dasar yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan bahan kemasan frozen Anda adalah:

  • Itu harus mampu menahan suhu beku antara nol derajat hingga -40 derajat.
  • Berdaya tarik visual agar pelanggan mengenal produk Anda dengan baik sebelum dikonsumsi.
  • Mempertahankan penyegelan, pembekuan, penyimpanan, transportasi, dan terkadang tekanan memasak.
  • Mengemas dengan baik bagian tepi tajam (jika ada) dari produk makanan beku.

Pilihan umum untuk kemasan frozen meliputi kaleng, karton, kertas laminasi, dan bahan plastik fleksibel dan kaku. Sayuran segar, buah-buahan, dan daging olahan juga menggunakan bungkus plastik sederhana. Berikut adalah beberapa bahan kemasan frozen yang populer.

Film polietilen (PE) – Film PE dapat menahan suhu serendah -40 derajat tanpa mengurangi kualitas film. Mereka juga memberikan kekuatan mekanik yang baik dan ketahanan terhadap tusukan selama transportasi, penanganan, dan penyimpanan suhu rendah. Selain itu, film PE dapat dicetak dan dilapisi untuk perlindungan ekstra.

Turunan PE – Berbagai jenis plastik seperti HDPE, LDPE, Polypropylene, dll. digunakan untuk membuat kemasan frozen. Ini termasuk bungkus menyusut , kemasan yang kaku dan fleksibel, dan terkadang juga kemasan sekali pakai. Plastik disukai karena dapat menahan berbagai suhu dan memberikan isolasi pada produk dari lingkungan luar.

Polyethylene terephthalate (PET) – PET dapat menahan perubahan suhu yang tiba-tiba. Oleh karena itu, umumnya digunakan untuk kemasan produk beku yang dapat direbus dalam kantong atau dapat dimasak dengan microwave. Kemasan frozen yang kaku juga menggunakan turunan PET.

Kertas karton dan kertas laminasi – Ini biasa terlihat pada produk FMCG seperti es krim, jus buah segar, dll. Namun, kemasan ini memiliki masa pakai terbatas setelah produk dikeluarkan dari freezer.

Kaleng – Kaleng adalah bahan kemasan frozen tradisional. Namun PET dan PE mulai mengambil alih kaleng logam karena lebih ekonomis. Namun merek ternama masih menggunakan kaleng untuk mempertahankan identitas mereknya.

Baca Juga: Mengapa Kita Masih Membutuhkan Plastik Kemasan Makanan?

Label Kemasan Frozen

Informasi label wajib dasar menurut BPOM meliputi:

  • identitas umum yaitu nama produk
  • berat bersih
  • nama dan alamat perusahaan
  • daftar bahan termasuk alergen
  • fakta nutrisi

Label dan pencetakan kemasan freezer penting saat merancang label kemasan frozen. Makanan beku disimpan pada suhu di bawah nol derajat, oleh karena itu perekatnya juga harus mampu mempertahankan suhu rendah tersebut.

Faktor penting yang perlu diperhatikan mengenai label kemasan frozen adalah permukaan kemasan tidak selalu polos. Bahan tersebut dapat berupa tray yang kaku atau permukaan film yang tidak beraturan, kantong, film heat-shrink, atau kemasan vakum. Oleh karena itu, sebelum menentukan jenis label, perlu diperhatikan juga permukaan kemasannya. Informasi tentang jenis pencetakan pada label ini dapat bermanfaat.

Dengan berbagai alasan di atas, Anda yang berkecimpung di dunia industri bisnis apapun harus selalu memikirkan detail kecil yang berhubungan langsung dengan produk Anda. Dan kemasan produk adalah senjata utama Anda dalam memasarkan produk Anda. PT Gpack Global Mandiri menyediakan berbagai jenis kemasan produk untuk bisnis Anda, kami jual kemasan produk sejak tahun 2018 lalu. Kami menawarkan kemasan yang andal, serta berbagai produk berkualitas dari plastik, kertas, karton, hingga aluminium foil.

Kami memberikan banyak pilihan yang tidak hanya memiliki fungsi optimal tetapi juga memperhatikan estetika dari kemasan tersebut. Karena kami yakin bahwa setiap bisnis itu memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri. Tujuan kami di PT Gpack Global Mandiri yang jual kemasan produk adalah memberikan solusi kemasan yang dapat melampaui harapan Anda. Dengan tim yang berdedikasi dan berpengalaman, kami siap untuk memberikan saran yang berharga serta solusi kreatif.

Hubungi kami untuk menjelajahi berbagai pilihan kemasan kami. Kami berkomitmen untuk merespons dengan cepat dan efisien, memastikan bahwa setiap pertanyaan atau kebutuhan Anda ditangani dengan tepat dan profesional.

Comments are disabled.