Jenis-Jenis Tray Makanan Berbahan Plastik untuk Bisnis Kuliner

Gpack Global Mandiri – Siapa pun yang akrab dengan dapur komersial pasti tahu bahwa plastik sebenarnya merupakan bahan penting. Tray makanan berbahan plastik dapat digunakan untuk menyajikan, memajang, dan bahkan memasak makanan, sehingga berkontribusi terhadap beragam kegunaannya di dapur. Berikut ini adalah beberapa plastik yang umum digunakan dalam pembuatan tray makanan.

ABS

Juga dikenal sebagai Acrylonitrile Butadiene Styrene, bahan ini telah tersedia secara komersial sejak tahun 1950an. Plastik ini dikenal memiliki ketahanan yang tinggi terhadap kerusakan, goresan dan noda. Kemampuannya menahan suhu dari -18 ° C ( 0°F) hingga 82°C (180°F) menjadikannya bahan yang sangat tahan lama. ABS juga aman untuk mesin pencuci piring. Tapi itu tidak aman untuk microwave. Ini adalah pilihan populer bagi banyak restoran dan operasional jasa makanan karena lebih murah dibandingkan melamin dan memiliki daya tahan yang tinggi.

Melamin

Ini merupakan jenis plastik yang banyak ditemukan di rumah tangga. Bahan ini mulai terkenal sebagai bahan yang digunakan untuk membuat plastik dan laminasi pada tahun 1930an. Tray makanan melamin dikenal karena daya tahan dan ketahanannya terhadap noda yang sangat baik, serta dapat menangani berbagai suhu, mulai dari -18°C (0°F) hingga 100°C (212°F). Ini menjadikannya bahan yang aman untuk mesin pencuci piring, namun tidak aman untuk microwave. Sedangkan untuk waktu pengeringannya cepat kering.

Polikarbonat

Pertama kali ditemukan pada akhir tahun 1800-an oleh ahli kimia Jerman, plastik ini diteliti secara ekstensif namun kemudian dibuang. Ketika penelitian ini diangkat kembali, penelitian tersebut menjadi global dan polikarbonat semakin populer. Ia memiliki ketahanan yang sangat tinggi terhadap kerusakan, ketahanan sedang terhadap pewarnaan dan mudah tergores. Ia dapat menangani suhu dalam kisaran -40°C (-40°F) hingga 100°C (212°F).

Oleh karena itu, mereka ideal untuk digunakan di freezer atau lingkungan bersuhu tinggi. Tray makanan ini juga aman untuk microwave dan mesin pencuci piring. Waktu pengeringannya agak di tengah-tengah.

Baca Juga: Inovasi Dibalik Cetakan Wadah Makanan Thinwall

Polipropilena

Ini ditemukan pada awal tahun 1950an dan langsung menjadi populer. Itu juga melahirkan lima variasi material lainnya. Tray makanan polipropilena diketahui memiliki ketahanan sedang terhadap kerusakan dan goresan. Ini juga sangat tahan noda, dengan kisaran suhu 0°C (32°F) hingga 82°C (180°F) dan aman untuk microwave dan mesin pencuci piring. Tray makanan polipropilena memiliki waktu pengeringan yang cukup baik dan mungkin perlu diseka agar lebih cepat kering. Polypropylene biasanya lebih disukai daripada melamin oleh banyak pengusaha makanan, karena daya tahannya yang ekstrem dan harganya yang lebih murah.

Co-Polimer

Ini adalah variasi dari polipropilen dengan ketahanan yang sangat tinggi terhadap kerusakan, goresan dan noda. Cocok untuk digunakan dalam microwave dan mesin pencuci piring karena mampu menahan suhu dari 4°C (40°F) hingga 99°C(210°F). Namun ini berarti tidak bisa dimasukkan ke dalam freezer. Ini adalah pilihan tepat untuk mendapatkan hasil maksimal karena harganya jauh lebih murah dibandingkan yang lain namun sangat tahan lama.

Dengan berbagai alasan di atas, Anda yang berkecimpung di dunia industri bisnis apapun harus selalu memikirkan detail kecil yang berhubungan langsung dengan produk Anda. Dan kemasan produk adalah senjata utama Anda dalam memasarkan produk Anda. PT Gpack Global Mandiri menyediakan berbagai jenis kemasan produk untuk bisnis Anda, kami jual kemasan produk sejak tahun 2018 lalu. Kami menawarkan kemasan yang andal, serta berbagai produk berkualitas dari plastik, kertas, karton, hingga aluminium foil.

Kami memberikan banyak pilihan yang tidak hanya memiliki fungsi optimal tetapi juga memperhatikan estetika dari kemasan tersebut. Karena kami yakin bahwa setiap bisnis itu memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri. Tujuan kami di PT Gpack Global Mandiri yang jual kemasan produk adalah memberikan solusi kemasan yang dapat melampaui harapan Anda. Dengan tim yang berdedikasi dan berpengalaman, kami siap untuk memberikan saran yang berharga serta solusi kreatif.

Hubungi kami untuk menjelajahi berbagai pilihan kemasan kami. Kami berkomitmen untuk merespons dengan cepat dan efisien, memastikan bahwa setiap pertanyaan atau kebutuhan Anda ditangani dengan tepat dan profesional.

Comments are disabled.