Kemasan Daging Mentah, Semua yang Perlu Anda Ketahui

Gpack Global Mandiri – Untuk dapur rumah atau fasilitas industri pengolahan makanan, penyimpanan, penyiapan, dan pengemasan daging memiliki tantangan tersendiri. Keamanan adalah salah satu masalah pertama yang terlintas dalam pikiran. Daging yang tidak melekat dengan aman di permukaan saat dipotong, diiris, atau diproses dapat menimbulkan risiko cedera. Kontaminasi silang dapat menjadi perhatian ketika menangani banyak produk, dan membatasi paparan terhadap bakteri sangatlah penting.

Inilah sebabnya mengapa jika menyangkut daging mentah, polietilen dengan kepadatan rendah dan kepadatan tinggi, serta beberapa jenis plastik lainnya, sering kali menjadi bahan pilihan. Dibandingkan dengan bahan logam atau kayu, plastik lebih ringan dan mudah dikerjakan. Hasilnya, polimer ideal untuk berbagai aplikasi di fasilitas yang mengkhususkan diri dalam pengolahan daging, ikan, dan unggas serta memproduksi produk susu, makanan panggang, dan kembang gula.

Plastik untuk Menangani Daging Mentah

Tidak ada satu pun plastik yang digunakan untuk menangani makanan dan, khususnya, daging mentah. Tergantung pada apakah plastik digunakan sebagai permukaan persiapan, wadah penyimpanan, bagian dari sistem konveyor, atau untuk pengepakan, beberapa plastik lebih cocok dibandingkan yang lain.

Berikut adalah rangkuman penggunaan beberapa plastik secara umum dalam penanganan daging mentah serta produk makanan dan minuman lainnya:

Low-Density Polyethylene (LDPE):  LDPE adalah bahan paling murah untuk bahan plastik. Transparan, fleksibel, dan mengkilap, sangat tahan terhadap kelembapan, robekan, dan bahan kimia. Ini paling sering ditemukan dalam kantong plastik tetapi juga banyak digunakan dalam tutup makanan yang dapat diperas, dan kemasan frozen.

Linear Low-Density Polyethylene (LLDPE):  Mirip dengan LDPE, LLDPE memiliki sifat penyegelan panas yang unggul serta kekuatan tarik dan benturan yang lebih tinggi. Hal ini digunakan terutama dalam bungkus plastik di sektor makanan dan minuman.

Ultra Low-Density Polyethylene (ULDPE):  ULDPE adalah termoplastik lembut yang tahan terhadap retakan fleksibel dan memiliki fleksibilitas suhu rendah yang sangat baik. Memiliki kejernihan optik yang tinggi dan ketahanan sobek, ULDPE digunakan dalam kemasan keju, daging babi, dan kopi.

Baca Juga: Bahan Kemasan Frozen untuk Makanan Seperti Apa yang Cocok?

High-Density Polyethylene (HDPE): Bahan plastik polietilen yang paling banyak digunakan untuk penanganan makanan adalah HDPE. Ini adalah bahan plastik polietilen yang tahan terhadap pelarut, semi-transparan, dan paling tidak fleksibel dan paling kuat. Selain digunakan untuk tempat penyimpanan dan sistem konveyor, HDPE juga merupakan material pilihan untuk talenan dan permukaan penanganan daging mentah.

Polyethylene Terephthalate (PET):  PET adalah termoplastik transparan berkinerja tinggi yang dapat digunakan untuk membuat bahan plastik. Bahan plastik PET memiliki kekuatan tarik tinggi, penyerapan air terbatas, dan stabilitas dimensi yang sangat baik pada rentang suhu yang luas. Ini digunakan untuk tas, pembungkus, botol, stoples, dan bak berisi daging mentah yang dicairkan dan dibekukan.

Polyvinylidene Chloride (PVDC): PVDC adalah termoplastik sintetis yang merupakan penghalang yang sangat baik terhadap kelembapan dan oksigen. Selain itu, tahan terhadap panas, bahan kimia, minyak, dan lemak. Hal ini membantu melindungi daging mentah dari kontaminasi dan pembusukan yang tidak perlu.

Poliamida/Nilon:  Poliamida, disebut juga nilon, adalah zat yang tangguh dan kuat, memiliki titik leleh tinggi, efektif menghambat oksigen, dan tidak melarutkan atau menyerap lemak, minyak, atau makanan asam. Nilon memiliki ketahanan yang unggul terhadap retak fleksibel, tusukan, dan goresan, sehingga ideal untuk pemrosesan dan pengangkutan makanan.

Dengan berbagai hal di atas, Anda yang berkecimpung di dunia industri bisnis apapun harus selalu memikirkan detail kecil yang berhubungan langsung dengan produk Anda. Dan kemasan produk adalah senjata utama Anda dalam memasarkan produk Anda. PT Gpack Global Mandiri menyediakan berbagai jenis kemasan produk untuk bisnis Anda, kami jual kemasan produk sejak tahun 2018 lalu. Kami menawarkan kemasan yang andal, serta berbagai produk berkualitas dari plastik, kertas, karton, hingga aluminium foil.

Kami memberikan banyak pilihan yang tidak hanya memiliki fungsi optimal tetapi juga memperhatikan estetika dari kemasan tersebut. Karena kami yakin bahwa setiap bisnis itu memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri. Tujuan kami di PT Gpack Global Mandiri yang jual kemasan produk adalah memberikan solusi kemasan yang dapat melampaui harapan Anda. Dengan tim yang berdedikasi dan berpengalaman, kami siap untuk memberikan saran yang berharga serta solusi kreatif.

Hubungi kami untuk menjelajahi berbagai pilihan kemasan kami. Kami berkomitmen untuk merespons dengan cepat dan efisien, memastikan bahwa setiap pertanyaan atau kebutuhan Anda ditangani dengan tepat dan profesional.

Comments are disabled.