Pentingnya Kemasan Produk & Hubungannya dengan Branding

Supplier Kemasan Produk – Kemasan produk dulunya hanya dilihat sebagai kebutuhan, sebuah lapisan untuk melindungi produk di dalamnya dan untuk mengangkutnya dari tempat A ke tempat B. Produsen tidak terlalu memperhatikan branding hanya karena tidak ada harapan dari pelanggan.

Untungnya, seperti yang pernah dikatakan oleh para pebisnis hebat saat ini, zaman sedang berubah dan, jika digunakan dengan baik, kemasan produk dapat memainkan peran penting dalam proses penjualan.

Kemasan produk memainkan peran penting dalam pengembangan perusahaan mana pun dan strategi pemasarannya. Berkat peluang-peluang baru yang muncul di industri ini, kotak kardus sederhana telah menjadi saluran komunikasi ketika sebuah bisnis berusaha berinteraksi dan menghibur pelanggan.

Tapi tidak selalu seperti ini. Kotak dengan merek bisnisnya menjadi penting karena perubahan dalam lingkungan bisnis. Perusahaan rintisan (start-up), pengusaha, orang-orang yang menjalankan bisnis rumahan, dan usaha sampingan; ini adalah perusahaan-perusahaan dengan anggaran sederhana namun berambisi besar. Para pemilik bisnis yang karismatik, dengan hasrat terhadap estetika, mendorong popularitas kemasan produk dengan mereknya. Sebuah kotak di tangan orang yang tepat adalah alat yang luar biasa dan perusahaan-perusahaan yang lebih besar dan lebih mapan segera menyadari bahwa mereka dapat ikut serta dalam tindakan tersebut.

Apa yang Membuat Kemasan Produk Begitu Penting?

Pertimbangkan bisnis retail yang menjual frozen food. Ia membuka toko, tetapi sebagian besar penjualannya masih dilakukan secara online. Perusahaan tersebut mungkin memiliki rencana pemasaran yang komprehensif dan menjalankan beberapa kampanye tahunan untuk menekankan USP-nya (Unique Selling Proposition), namun ternyata masih bersaing dengan lusinan pengecer serupa yang menggunakan taktik yang sama persis.

Pengemasan adalah salah satu cara penjual kecil untuk menonjol dari yang lain. Tergantung pada audiens Anda, ini mungkin melibatkan kotak karton yang bersih dan minimalis atau sesuatu dengan cetakan yang jelas di dalamnya. Ini juga merupakan kesempatan untuk mengejutkan atau menghibur pelanggan. Kemasan yang dibuat secara custom mungkin juga mendorong pelanggan untuk berbagi foto di media sosial mereka. Pada akhirnya, Anda ingin mencapai situasi di mana pelanggan ingin membeli kemasannya saja, karena tampilannya sangat bagus.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kemasan Produk itu Penting

Pentingnya Branding

Pengemasan juga merupakan kesempatan untuk memberi tahu pelanggan siapa Anda sebagai sebuah merek dan apa yang Anda yakini. Pengemasan produk tidak boleh berteriak kepada pelanggan “beli saya!”. Itu harus menarik, menciptakan suasana hati dan membangkitkan berbagai emosi.

Yang terpenting, hal ini perlu memancing pelanggan untuk memikirkan merek lebih dari sekedar produknya. Selain itu, pikirkan tentang kemasan produk sebagai saluran komunikasi. Beberapa perusahaan ritel menggunakan stiker dan label untuk memberikan informasi tentang produk, atau untuk mengarahkan pelanggan ke media sosial. Seorang pembuat coklat atau toko bunga, misalnya, dapat menempatkan pesan tulisan tangan di dalam kotak jika pesanannya adalah untuk merayakan acara khusus. Ini semua soal “bagaimana melakukannya”, daripada bertanya “apakah itu layak dilakukan?”.

Tips terbaik untuk membuat desain kemasan terbaik:

  • Jaga agar kemasan tetap menarik perhatian agar langsung menonjol dan diingat oleh pelanggan.
  • Ingat, pilihan kemasan Anda merupakan perpanjangan dari merek Anda dan perlu membangkitkan emosi.
  • Pastikan kemasannya tahan lama sehingga mengamankan barang dagangan dan melindungi produk di dalamnya.
  • Terakhir, harus mudah dibuka. Hal ini mungkin terdengar sederhana namun sering kali dapat membuat pelanggan frustrasi.

Pengemasan lebih dari sekedar melindungi suatu produk. Ini adalah alat pemasaran penting yang mendukung branding, menekankan fitur terbaik produk, dan menciptakan pengalaman tak terlupakan bagi pelanggan. Ini adalah pintu gerbang yang dapat meningkatkan produk Anda untuk melakukan penjualan ke tingkat berikutnya.

Sedemikian pentingnya kehadiran kemasan produk tidak boleh dianggap sepele di zaman sekarang ini. Oleh sebab itu, kemasan produk adalah senjata utama Anda dalam memasarkan produk Anda. PT Gpack Global Mandiri menyediakan berbagai jenis kemasan produk untuk bisnis Anda, kami sebagai supplier kemasan produk sejak tahun 2018 lalu. Kami menawarkan kemasan yang andal, serta berbagai produk berkualitas dari plastik, kertas, karton, hingga aluminium foil.

Kami memberikan banyak pilihan yang tidak hanya memiliki fungsi optimal tetapi juga memperhatikan estetika dari kemasan tersebut. Karena kami yakin bahwa setiap bisnis itu memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri. Tujuan kami di PT Gpack Global Mandiri yang bergerak sebagai supplier kemasan produk adalah memberikan solusi kemasan yang dapat melampaui harapan Anda. Dengan tim yang berdedikasi dan berpengalaman, kami siap untuk memberikan saran yang berharga serta solusi kreatif.

Hubungi kami untuk menjelajahi berbagai pilihan kemasan kami. Kami berkomitmen untuk merespons dengan cepat dan efisien, memastikan bahwa setiap pertanyaan atau kebutuhan Anda ditangani dengan tepat dan profesional.

Comments are disabled.