Pertimbangan Utama Kemasan Frozen untuk Makanan

Gpack Global Mandiri – Kemasan makanan beku atau kemasan frozen food merupakan komponen penting dalam industri makanan beku. Pengemasan yang tepat dapat membantu menjamin kualitas dan keamanan makanan beku, sedangkan pengemasan yang salah dapat menyebabkan freezer burn, pembusukan makanan, dan umur simpan yang lebih pendek. Sebagai produsen makanan, hal terakhir yang ingin Anda lihat adalah produk Anda berubah warna dan terkena freezer burn bahkan sebelum sampai ke konsumen.

Bahan Apa Saja yang Biasa Digunakan untuk Kemasan Makanan Beku?

Kemasan frozen food biasanya terbuat dari bahan yang tahan terhadap suhu dingin, kelembaban, dan oksigen.

  • Plastik merupakan bahan yang paling umum digunakan untuk kemasan makanan beku karena fleksibilitas, daya tahan, dan kemampuannya dalam menutup rapat. Polietilen, poliester, dan nilon adalah beberapa bahan plastik yang paling umum digunakan untuk kemasan makanan beku yang fleksibel. Jenis kemasan ini dapat dicetak khusus, dan kemasan freezer yang paling umum mencakup 3 kantong segel samping dan standing pouch.
  • Aluminium foil sering digunakan untuk kemasan makanan beku karena kemampuannya menghalangi cahaya, oksigen, dan kelembaban. Aluminium foil biasanya digunakan untuk mengemas sayuran beku, daging, dan ikan.
  • Karton merupakan salah satu jenis kertas yang dilapisi dengan lapisan plastik tipis agar tahan lembab. Karton biasanya digunakan untuk kemasan frozen food untuk produk seperti daging, dan makanan panggang. Opsi ini memungkinkan lebih sedikit sampah plastik.

Bagaimana Cara Menutup Kemasan Makanan Beku dengan Benar untuk Mencegah Freezer Burn?

Freezer burn terjadi ketika udara dingin dan kering di dalam freezer bersentuhan dengan permukaan makanan beku, menyebabkan dehidrasi dan oksidasi. Hal ini dapat menyebabkan perubahan warna, perubahan aroma dan tekstur, serta dapat menyebabkan terbentuknya kristal es pada makanan. Berikut beberapa tips untuk menyegel kemasan makanan beku dengan benar:

  • Gunakan bahan kemasan yang dirancang untuk pembekuan. Biasanya, kantong yang lebih tebal digunakan karena kecepatan perpindahan udara dan kelembaban yang rendah.
  • Keluarkan udara sebanyak mungkin dari kemasan sebelum disegel. Vakum sealer dapat digunakan untuk mengeluarkan 99% udara dari kantong untuk membantu proses ini.
  • Pastikan segelnya kencang dan aman. Sealer yang panas dapat mencegah udara atau kelembaban masuk ke dalam kemasan, jadi memeriksa segel adalah langkah yang sangat penting.

Baca Juga: 7 Keuntungan Menggunakan Plastik Kemasan Makanan

Berapa Lama Waktu Penyimpanan Makanan Beku yang Disarankan dalam Kemasannya?

Lama penyimpanan makanan beku yang disarankan berbeda-beda, bergantung pada jenis makanan dan bahan kemasan yang digunakan. Makanan tertentu ada yang bisa bertahan 1-3 bulan, ada pula yang bisa bertahan hingga satu tahun dengan kualitas dan kesegaran yang optimal. Jika produk cocok untuk disimpan di dalam freezer selama lebih dari setahun, disarankan untuk menggunakan bahan yang lebih tebal dan kokoh untuk mencegah freezer burn.

Kesimpulannya, kemasan makanan beku berperan besar dalam menjamin kualitas produk makanan beku. Dengan menggunakan bahan kemasan frozen food yang dirancang untuk pembekuan, menyegel kemasan dengan benar, dan mengikuti waktu penyimpanan yang disarankan, konsumen dapat menikmati produk makanan yang lezat dan aman.

Dengan berbagai pertimbangan di atas, Anda yang berkecimpung di dunia industri bisnis apapun harus selalu memikirkan detail kecil yang berhubungan langsung dengan produk Anda. Dan kemasan produk adalah senjata utama Anda dalam memasarkan produk Anda. PT Gpack Global Mandiri menyediakan berbagai jenis kemasan produk untuk bisnis Anda, kami jual kemasan produk sejak tahun 2018 lalu. Kami menawarkan kemasan yang andal, serta berbagai produk berkualitas dari plastik, kertas, karton, hingga aluminium foil.

Kami memberikan banyak pilihan yang tidak hanya memiliki fungsi optimal tetapi juga memperhatikan estetika dari kemasan tersebut. Karena kami yakin bahwa setiap bisnis itu memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri. Tujuan kami di PT Gpack Global Mandiri yang jual kemasan produk adalah memberikan solusi kemasan yang dapat melampaui harapan Anda. Dengan tim yang berdedikasi dan berpengalaman, kami siap untuk memberikan saran yang berharga serta solusi kreatif.

Hubungi kami untuk menjelajahi berbagai pilihan kemasan kami. Kami berkomitmen untuk merespons dengan cepat dan efisien, memastikan bahwa setiap pertanyaan atau kebutuhan Anda ditangani dengan tepat dan profesional.

Comments are disabled.