Plastik Apa yang Digunakan untuk Kemasan Plastik Vakum?

Gpack Global Mandiri – Akhir-akhir ini plastik mempunyai dampak yang buruk, dimana banyak konsumen sekarang mendasarkan setidaknya beberapa keputusan pembelian mereka pada keberlanjutan kemasan serta harga dan kualitas produk. Pertanyaan seperti apakah kemasan dapat dibuat kompos atau dapat didaur ulang kini sering menjadi prioritas konsumen ketika memilih suatu merek.

Namun, perlu diingat bahwa plastik memainkan peran penting dalam melindungi produk. Teknik seperti penyegelan vakum dapat membantu mengurangi limbah makanan, yang merupakan penyumbang emisi CO2 yang signifikan. Faktanya, limbah makanan diperkirakan melepaskan sekitar 8-10% gas rumah kaca dunia.

Apa Jenis Kemasan Plastik Vakum?

Penyegelan vakum biasanya digunakan untuk menyimpan makanan dalam jangka waktu yang lebih lama, mencegah bakteri mengganggu kualitas makanan, dan menjaga rasa dan tekstur. Meskipun kemasan plastik vakum biasanya terbuat dari plastik, tidak semua kantong plastik dibuat sama.

Kemasan plastik vakum dikenal sebagai kantong penghalang dan terbuat dari bahan yang secara signifikan mengurangi masuknya oksigen atau oxygen transmittal rate (OTR). Itu adalah ukuran seberapa keropos suatu bahan, dan oleh karena itu, berapa banyak udara yang masih dapat merembes keluar dari kantong, bahkan setelah kantong tersebut ditutup rapat.

Biasanya Terbuat dari Apa?

Kemasan plastik vakum dapat dibuat dari berbagai macam plastik. Beberapa plastik yang paling umum meliputi: Polietena (PE), Polivinilidena klorida (PVDC), Polipropilena (PP), Polivinil Klorida (PVC), Poliester (PET), dan Poliamida (PA).

Kantong yang digunakan dalam penyegelan vakum sering kali terbuat dari film plastik multilapis polipropilen (PP) atau poliamida (PA), yang dikenal sebagai film ekstrusi bersama. Kantong jenis ini berwarna bening dan biasa digunakan untuk mengemas bahan makanan seperti daging dan keju. Kebanyakan kantong ekstrusi bersama berukuran 3 mm memiliki OTR 5 atau kurang.

Untuk perlindungan penghalang yang lebih baik lagi, beberapa Kemasan Plastik Vakum memiliki lapisan ekstra etilen vinil alkohol (EVOH), yang selanjutnya mengurangi OTR. Biasanya, kantong 3mm yang terbuat dari bahan ini mungkin memiliki OTR 0,02!

Di beberapa sektor, seperti industri kopi, digunakan kantong foil yang dilapisi poliester (PET). Foil menawarkan OTR yang lebih rendah daripada plastik, dan kantong penghalang foil dapat memiliki OTR atau 0,0006! Selain itu, kantong vakum berbahan foil dapat menghalangi cahaya, yang merupakan aspek penting lainnya untuk menjaga rasa.

Apa yang Menentukan Kualitasnya?

Kemasan Plastik Vakum berkualitas tinggi sangat penting untuk memastikan makanan Anda terjaga dengan baik. Ada tiga faktor kunci yang akan mempengaruhi keberhasilan kemasan vakum Anda.

Bahan Kantong

Seperti yang telah kami sebutkan, tidak semua plastik mencegah udara merembes keluar dari kantong. Kantong freezer standar, terbuat dari polietilen, dapat kehilangan segel vakumnya dalam hitungan detik, sehingga tidak baik untuk mengawetkan makanan Anda dalam jangka panjang!

Baca Juga: 4 Manfaat Kunci Penggunaan Kemasan Standing Pouch

Anda juga harus mempertimbangkan tujuan penggunaan kantong tersebut. Kemasan plastik vakum yang digunakan dalam penyimpanan makanan harus terbuat dari bahan food grade. Mereka juga harus tahan terhadap suhu tinggi atau rendah, sehingga Anda dapat membekukan atau menyaring isinya.

Ketebalan Kantong

Keberhasilan penyegelan vakum Anda juga bergantung pada ketebalan kemasan plastik vakum Anda. Lemari es adalah tempat yang terkenal sering mengalami benturan dan benturan, saat kita mencari-cari apa yang kita cari (biasanya terburu-buru). Bahkan robekan kecil pada kantong Anda dapat menurunkan kualitas makanan Anda. Memilih kantong yang lebih tebal, serta memastikan bagian tajam seperti tulang tertutup, akan mencegah kantong robek secara tidak sengaja.

Tekstur Kantong

Jika Anda melihat lebih dekat pada kemasan plastik vakum, Anda akan melihat bahwa bagian belakangnya lebih tebal. Bagian belakang kantong biasanya bertekstur dan merupakan fitur penting yang harus diperhatikan saat memilih kantong segel vakum. Teksturnya berasal dari katup udara yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Katup udara satu arah ini memungkinkan udara keluar dari kantong, namun mencegahnya masuk kembali.

Dengan berbagai alasan di atas, Anda yang berkecimpung di dunia industri bisnis apapun harus selalu memikirkan detail kecil yang berhubungan langsung dengan produk Anda. Dan kemasan produk adalah senjata utama Anda dalam memasarkan produk Anda. PT Gpack Global Mandiri menyediakan berbagai jenis kemasan produk untuk bisnis Anda, kami jual kemasan produk sejak tahun 2018 lalu. Kami menawarkan kemasan yang andal, serta berbagai produk berkualitas dari plastik, kertas, karton, hingga aluminium foil.

Kami memberikan banyak pilihan yang tidak hanya memiliki fungsi optimal tetapi juga memperhatikan estetika dari kemasan tersebut. Karena kami yakin bahwa setiap bisnis itu memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri. Tujuan kami di PT Gpack Global Mandiri yang jual kemasan produk adalah memberikan solusi kemasan yang dapat melampaui harapan Anda. Dengan tim yang berdedikasi dan berpengalaman, kami siap untuk memberikan saran yang berharga serta solusi kreatif.

Hubungi kami untuk menjelajahi berbagai pilihan kemasan kami. Kami berkomitmen untuk merespons dengan cepat dan efisien, memastikan bahwa setiap pertanyaan atau kebutuhan Anda ditangani dengan tepat dan profesional.

Comments are disabled.