Strategi Kemasan Produk dalam Pemasaran dan Apa yang Perlu Diperhatikan

Jual Kemasan Produk – Kemasan produk adalah elemen pemasaran yang penting. Itu adalah hal yang dapat membangun atau menghancurkan branding suatu produk. Akankah konsumen fokus pada produk Anda dan membelinya atau beralih ke produk lain? Kemasan produk tersebut akan menjadi faktor penentu. Oleh karena itu, pengemasan harus menjadi sebuah strategi dan solusi, yang berfungsi sebagai komponen penting dalam upaya pemasaran yang terfokus.

Mengapa Pengemasan itu Penting?

Konsumen memang membuat penilaian cepat berdasarkan apa yang mereka lihat pertama kali. Mereka melihat suatu produk, dan kemasannya menyampaikan sesuatu kepada mereka. Kemasannya harus menarik dan mengundang, dan penting untuk pengenalan merek. Produk baru yang memasuki pasar harus menemukan cara untuk memberikan dampak secara instan dan memicu perilaku pembelian pelanggan.

Angka menunjukkan bahwa 70% konsumen membentuk kesan terhadap suatu merek hanya berdasarkan kemasan produknya. 63% menganggap kemasan sama pentingnya dengan merek itu sendiri. Untuk beberapa merek, kemasannya justru lebih mudah dikenali dibandingkan produknya.

Kemasan Produk Sebagai Alat Pemasaran

Pengemasan merupakan faktor penting dalam pengenalan merek, oleh karena itu kemasan harus konsisten jika Anda menggunakannya untuk membangunnya. Ini membantu pelanggan mengidentifikasi jenis produk yang Anda tawarkan. Jika, misalnya, produk tersebut adalah produk premium, maka kemasannya harus mencerminkan hal tersebut. Kemasan produk merupakan bagian dari pesan pemasaran produk.

Faktor pemasaran strategis terutama berperan ketika merancang kemasan produk adalah sebagai berikut:

  • Penentuan posisi desain
  • Kemampuannya untuk bercerita
  • Mengkomunikasikan value merek
  • Membangun kepercayaan

Kemasan yang baik mampu mempengaruhi perilaku pelanggan dalam berbagai cara. Ini menyajikan kepada pebisnis sebuah kanvas kosong untuk menempatkan pesan pemasaran, informasi produk, slogan, dan tentu saja logo merek.

Apa yang Membuat Desain Kemasan Bagus?

Desain kemasan itu penting, dan harus bagus jika Anda ingin menggunakannya untuk memasarkan produk Anda. Desain kemasan yang indah sangat membantu memenangkan bisnis. Hal ini berlaku bagi pelanggan dan juga penjual, mereka menginginkan produk yang mudah terjual. Desain kemasan dapat membantu hal ini terjadi.

Baca Juga: 5 Pertimbangan Kemasan Bagi Bisnis Food ‘n Beverage

Faktor Apa Saja yang Berkontribusi Terhadap Desain Kemasan yang Baik?

  • Kejelasan: jangan membuat pelanggan menebak-nebak produk apa yang ada di dalam kemasan; selalu usahakan sejelas mungkin info tentang produk dan merek.
  • Konsistensi: kemasan produk harus mencerminkan merek dan nilai-nilainya.
  • Fungsionalitas: jika kemasan perlu melindungi produk serta memasarkannya, pastikan demikian.
  • Kepraktisan: memastikan kemasan produk mudah ditumpuk, dipajang, dan dikirim.
  • Keberlanjutan: konsumen semakin menginginkan kemasan yang dapat didaur ulang dan mengurangi limbah.
  • Warna dan tipografi: elemen desain visual dalam kemasan sangat penting untuk keberhasilannya.

Tips untuk Meningkatkan Desain Kemasan Anda

Faktor-faktor yang menentukan desain kemasan yang baik tidak boleh membatasi kreativitas Anda. Perhatikan bagaimana kemasan Anda dapat membedakan produk dan merek Anda dari kompetitor sambil tetap menjalankan fungsi penting dan praktis.

  • Apakah hal tersebut sejalan dengan produk Anda dan persepsi pasar terhadap produk tersebut?
  • Bagaimana cara membuatnya menonjol?
  • Bisakah Anda menambahkan sesuatu yang inovatif ke dalamnya tanpa menjadikannya tidak praktis atau meningkatkan biaya pengemasan Anda?
  • Haruskah Anda bereksperimen dengan bahan yang berbeda?
  • Bisakah Anda menggunakan kemasan ramah lingkungan?
  • Apakah akan menambah pengalaman unboxing pelanggan?

Unboxing membawa pengaruh besar dalam strategi pengemasan. Anda memiliki kesempatan viralnya video unboxing yang dapat membantu menciptakan rasa yang nyata terhadap suatu produk melalui media sosial. Strategi pengemasan semacam ini bisa sangat efektif untuk para pebisnis online.

Unboxing juga dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengalaman konsumen, misalnya jika kemasan produk Anda dibuka dengan cara yang tidak biasa atau menggunakan bahan kemasan khusus.

Dengan berbagai alasan di atas, Anda yang berkecimpung di dunia industri bisnis apapun harus selalu memikirkan detail kecil yang berhubungan langsung dengan produk Anda. Dan kemasan produk adalah senjata utama Anda dalam memasarkan produk Anda. PT Gpack Global Mandiri menyediakan berbagai jenis kemasan produk untuk bisnis Anda, kami jual kemasan produk sejak tahun 2018 lalu. Kami menawarkan kemasan yang andal, serta berbagai produk berkualitas dari plastik, kertas, karton, hingga aluminium foil.

Kami memberikan banyak pilihan yang tidak hanya memiliki fungsi optimal tetapi juga memperhatikan estetika dari kemasan tersebut. Karena kami yakin bahwa setiap bisnis itu memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri. Tujuan kami di PT Gpack Global Mandiri yang jual kemasan produk adalah memberikan solusi kemasan yang dapat melampaui harapan Anda. Dengan tim yang berdedikasi dan berpengalaman, kami siap untuk memberikan saran yang berharga serta solusi kreatif.

Hubungi kami untuk menjelajahi berbagai pilihan kemasan kami. Kami berkomitmen untuk merespons dengan cepat dan efisien, memastikan bahwa setiap pertanyaan atau kebutuhan Anda ditangani dengan tepat dan profesional.

Comments are disabled.